Stok Gudang

Stok Gudang 

 

Untuk mengakses menu Stok Gudang klik menu Administrasi – > Stok Gudang. Menu Stok Gudang adalah menu yang disediakan khusus bagi pihak/user gudang supaya mempermudah segala kegiatan yang berkaitan dengan obat gudang. Menu gudang juga berfungsi sebagai pembeda antara obat gudang dengan obat apotek klinik cabang.

Menu Stok Gudang memiliki beberapa sub menu, diantaranya :

1. Data Obat/Alkes/Bahan
2. Pembelian Obat/Alkes/Bahan
3. Kartu Stok
4. Penyesuaian Stok
5. Jual Obat/Mutasi Obat
6. Data Mutasi Obat

 

 

 

 


1Data Obat/Alkes/Bahan Gudang

a. Entry Data 
Kegiatan entry Data Obat/Alkes/Bahan sangat perlu dilakukan untuk memudahkan pengaturan dan perhitungan pemakaian stok gudang. Caranya klik menu Administrasi > Stok Gudang > Data Obat/Alkes/Bahan Gudang > Entry data.

 

 

Keterangan :
a. Jenis Obat : Apotek dan Kabin. Maksudnya, Obat Apotek adalah obat/produk yang memiliki harga jual sendiri dan bisa dijual langsung tanpa perawatan. Sedangkan Obat Kabin adalah jenis Obat/Bahan yang habis terpakai saat perawatan, dan harga jualnya sudah disatukan dengan harga treatment,
b. Satuan Beli, yaitu satuan beli produk dari supplier,
c. Input jumlah isi dari setiap produk,
Contoh : 1 box = 12 tube (isi)
d. Satuan Jual, yaitu satuan produk yang diperkecil dari satuan beli,
Contoh : dari satuan beli 1 box = satuan jual 1 bungkus ( isi 1 box 50 bungkus)
e. Expired obat : berfungsi untuk menentukan tanggal kadaluwarsa obat yang diinput pada daftar data obat.

 

 

b. Edit Data
Untuk mengubah dan menghapus data–data yang telah masuk, klik menu Administrasi > Stok Gudang > Data Obat/Produk /Bahan > Cari Nama Produk > Proses.

Sama seperti cara sebelumnya, klik link Hapus atau Ubah yang ada pada kolom kanan tabel. Ubah data–data yang perlu diubah, setelah itu klik tombol UPDATE DATA. Seperti yang tampak pada form dibawah ini:

 

 

 

c. Import Data
Jika Anda telah memiliki data tarif dalam format Excel, Anda dapat memasukkan file tersebut ke dalam program ini, sehingga Anda tidak perlu melakukan “entry” data satu per satu ke dalam program ini. Klik menu Adminstrasi > Stok Gudang > Data/Obat/Produk/Bahan > Import Data. Pada halaman Import Data klik Pilih File (Excel) untuk mencari file Excel Anda, kemudian klik Import Obat Gudang.

 

 

 


2. Pembelian Obat/Bahan/Alkes Gudang

Proses pembelian obat/produk berfungsi agar jumlah stok selalu terjaga, sehingga harus selalu dilakukan sesuai kebutuhan. Proses atau cara pembelian Obat/Produk/Bahan Gudang adalah pergi ke menu Administrasi > Stok Gudang > Pembelian Obat/Alkes/Bahan Gudang.

 

 

Setelah proses pembelian ini jumlah stok untuk setiap obat/produk akan menjadi bertambah sesuai dengan jumlah belinya ke supplier gudang. Untuk pengecekan semua riwayat transaksi berkaitan dengan obat/produk yang berasal dari gudang, dapat Anda cek melalui Kartu Stok gudang yang dapat diakses pada menu Data Administrasi -> Stok Gudang -> Kartu Stok.

 

 

 


3. Kartu Stok Gudang

Kartu Stok Gudang adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui aktivitas keluar masuk tiap-tiap obat yang ada di gudang, mulai dari aktivitas pembelian obat dari supplier gudang hingga mutasi obat gudang ke tiap-tiap cabang. Untuk mengecek kartu stok, klik menu Administrasi > Stok Gudang > Kartu Stok. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

 

 

Isikan nama obat pada kolom yang tertera, setelah itu klik TAMPILKAN DATA UNTUK DICETAK, maka akan muncul data laporan sebagai berikut:

 

 

 

 


4. Penyesuaian Stok

Untuk penyesuaian obat dalam stok gudang, klik menu Administrasi > Stok Gudang > Penyesuaian Stok seperti gambar dibawah ini:

Keterangan :
1. Input jumlah rill stok fisik obat yang ada pada gudang
2. Input nama petugas yang menginput
3. input alasan
4. Klik tombol MASUKKAN DATA untuk menyimpan penyesuaian stok

 

 


5. Jual Obat / Mutasi Obat

Menu Jual Obat/Mutasi Obat adalah menu untuk transaksi jual obat atau mutasi obat ke tiap-tiap cabang, untuk mengakses halaman ini, klik menu Administrasi > Stok Gudang > Jual Obat/Mutasi Obat seperti gambar di bawah ini :

 

Pilih tujuan cabang yang akan melakukan mutasi obat, selanjutnya masukan nama obat dan jumlah obat yang akan dimutasi, seperti dibawah ini:

 

 

 

Masukan data, dengan begitu transaksi mutasi ke cabang akan diproses.

 

Transaksi selesai, setelah itu dilanjutkan ke bagian stok klinik atau cabang untuk proses penerimaan data produk.

 

 

 


6. Data Mutasi Obat

Menu ini berfungsi untuk melihat data klinik cabang yang melakukan mutasi obat dari gudang, mulai dari no. kwitansi, total bayar dan status pembayaran obat/produk.

Link action diatas berfungsi untuk mencetak lembar invoice dan mengkonfirmasi pembayaran apabila klinik cabang sudah bayar. Berikut tampilan lembar invoice mutasi obat:

  1. Total, menunjukkan nominal total bayar obat yang dimutasi dari gudang. Pada kolom total akan tertera Sudah Lunas apabila klinik cabang sudah melakukan pembayaran lunas. Dan sebaliknya, jika klinik cabang belum melakukan pembayaran maka keterangan yang tertera adalah Belum Lunas.
  2. Status, menunjukkan status obat yang di mutasi dari gudang.
  3. Print, untuk cetak invoice.
  4. Tombol Konfirmasi Sudah Bayar, tombol ini hanya akan muncul apabila klinik sudah melakukan pembayaran. Diluar dari itu tidak akan muncul tombol kinfirmasi.

 

 

 

 

 

 

One thought on “Stok Gudang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.