Proses Input Obat Resep Dokter oleh Depo/Apotik dan Proses Penjualan Langsung

Image result for pharmacy dental

Depo/Apotek Dental

Menu Apotek memiliki 2 (dua) sub menu, yaitu: Resep Dokter dan Penjualan Obat/Produk.

Resep Dokter

Resep ini diperoleh dari hasil pemeriksaan dokter.

Untuk daftar pasien yang memerlukan Resep Dokter, klik menu Apotek -> Resep Dokter, maka akan tampil gambar di bawah ini:

Apabila anda ingin mengisikan item-item obat resep maka klik link Obat Resep.

Cara pengisian sama dengan yg lain, cukup ketikkan (minimal 2 huruf awal), lalu dari daftar yg muncul pilih salah satu (lihat A), lalu klik kolom Harga (akan terisi secara otomatis), lalu klik kolom Jumlah, dan isikan Jumlahnya, lalu klik Unit (unit/satuan akan ditampilkan secara otomatis), selanjutnya klik tombol biru (lihat B), maka item obat/produk tsb terproses.

Anda juga bisa lakukan ketikan TAB (di keyboard) sebagai pengganti klik pada langkah-langkah diatas, untuk mempercepat proses entry data (lihat gambar diatas).Ulangi langkah-langkah diatas untuk pengisian item obat/produk yg lain, sesuai dengan resep yg diberikan dokter.

Apabila semua item obat/produk telah diisikan, klik tombol MASUKKAN DATA, agar semua isian data tersebut tersimpan di database, dan berlanjut ke proses selanjutnya, pembayaran di Kasir.

Catatan : Apabila terjadi kesalahan pengisian (item obat kurang, atau salah isi), padahal sudah terlanjur klik tombol MASUKKAN DATA, silahkan ke menu Data Transaksi ->Tr.Penjualan Resep, lalu klik Edit. Ubah apa yg perlu diubah, lalu klik UPDATE DATA. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

2.       Penjualan Langsung

Software telah dilengkapi dengan modul penjualan obat/produk dan resep dokter.Penjualan obat /produk artinya pasien dapat melakukan pembelian obat tanpa melalui perawatan. Pada prinsipnya cara pengisian obat–obatan sama persis dengan yang ada di penjualan obat resep dokter. Pengsian transaksi penjualan obat langsung, cukup mengisikan data – data obat dan jumlah itemnya. Untuk melakukannya, klik menuApotek/Depo -> Penjualan Obat/Produk.

Fitur ini dipergunakan untuk melayani pasien yg memerlukan obat/produk Dental tanpa melakukan Perawatan (tidak melalui proses antrian dan perawatan seperti diatas).

Cara pengisian item-item obat/produknya sama dengan pengisian Obat Resep (lihat bag. Pengisian Resep), hanya bedanya kolom nama pasien dan nama dokter tidak harus diisi.

Pembayaran tetap dilakukan di Kasir (menu Kasir -> Pembayaran Obat/Produk).

Pembayaran tetap dilakukan di Kasir (menu Kasir -> Pembayaran Obat/Produk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.