Tutorial Menu Data Obat/Produk/Bahan “Klinik Kecantikan”

STOK APOTEK

Menu Stok Apotek adalah menu yang menampung seluruh informasi mengenai obat/produk/bahan yang akan digunakan dalam transaksi klinik. Karena setiap transaksi obat (baik obat apotek maupun obat kabin) akan selalu berhubungan dengan stok obat. Dan semua obat/bahan haruslah terdaftar lebih dulu pada menu ini sebelum digunakan untuk transaksi. Klik menu Administrasi > Stok Apotek.

Pada menu ini terdapat 6 (enam) sub menu, diantaranya:
A. Data Obat/Alkes/Bahan,
B. Pembelian Obat/Alkes/Bahan,
C. Kartu Stok,
D. Penyesuaian Stok,
E. Penerimaan Stok,
F. Setup Margin & Fee Resep Dokter.

 


 

 

A. Data Obat/Alkes/Bahan

1. Entry Data
Opsi yang berfungsi untuk mendaftarkan data obat ke dalam program supaya memudahkan pengaturan dan perhitungan pemakaian stok pada proses transaksi. Caranya, klik menu Administrasi > Stok Apotek > Data Obat/Alkes/Bahan > Entry Data.

 

Keterangan :

a. Jenis Obat : Apotek dan Kabin. Maksudnya, Obat Apotek adalah obat/produk yang memiliki harga jual sendiri sekaligus adalah obat yang dapat dijual langsung tanpa perawatan. Sedangkan Obat Kabin adalah jenis obat/bahan yang habis terpakai saat perawatan (tidak bisa dijual secara langsung tanpa perawatan), dan harga jualnya sudah disatukan dengan harga treatment (kecuali treatment ThreadLift, Filler, Botox dan sejenisnya).

b. Minimal Stok : Berfungsi untuk input batas minimal jumlah stok yang menandakan obat tersebut hampir habis dan harus dibeli lagi dari supplier.

c. Golongan Obat : Bahan Jadi dan Bahan Baku. Apabila obat tersebut adalah obat jadi dan bukan termasuk komponen obat racikan, maka diinput sebagai golongan Bahan Jadi. Dan sebaliknya, apabila obat tersebut termasuk komponen obat racikan maka diinput sebagai golongan Bahan Baku.

d. Expired Obat : Untuk menentukan tanggal kadaluwarsa suatu obat yang terdaftar pada program.

 

 

2. Setup Obat Racikan

a. Buka menu Administrasi > Stok Apotek > Data Obat/Alkes/Bahan,

 

b. Pilih item obat yang hendak ditambahkan bahan racikan,

 

c. Klik Proses, kemudian klik opsi Racik Produk,

 

d. Pada halaman selanjutnya, isi kolom dengan nama-nama obat yang termasuk ke dalam bahan racikan. Perlu diingat bahwa hanya obat golongan BAHAN BAKU yang dapat diinput pada kolom bahan racikan,
e. Selanjutnya isi jumlah/frekuensi pemakaian obat racik (isi dengan angka saja, tidak perlu penambahan tanda x),
f. Klik TAMBAHKAN yang ada di samping kanan jumlah agar obat racikan yang diinput bisa terproses.
g. Klik SELESAI untuk menyimpan.

 

 

3. Data Obat/Produk/Bahan

Untuk melakukan perubahan atau penghapusan data obat/bahan yang telah terdaftar di dalam program, Anda dapat klik menu Administrasi > Stok Apotek > Data Obat/Alkes/Bahan.

Keterangan:

a) Pada menu ini terdapat beberapa kode obat yang berbeda, diantaranya untuk obat dengan kode APT dan KAB adalah jenis obat yang berasal dari Gudang. Sedangkan untuk kode obat ZAP dan ZKA adalah jenis obat yang berasal dari Supplier atau Non Gudang. Adapula kode obat antar cabang berbeda dikarenakan masing-masing cabang memiliki inisial yang berbeda, sehingga pengkodean yang berlaku adalah inisial cabang + kode asal obat + nomor urut. Contoh:

A = Inisial untuk cabang pusat,
APT = Kode obat yang berasal dari gudang,
0001 = Nomor urut obat.

maka kode obat yang tertera pada sistem klinik cabang pusat adalah AAPT0001.

 

4. Pesan Produk/Obat Ke Gudang

Permintaan produk dari cabang apotik ke gudang pusat klinik.

 

Akses menu administrasi -> stok apotik -> data obat/data produk/bahan -> klik tombol pesan produk/obat ke gudang, pada saat input item-item stok permintaan produk dari  cabang maka akan memudahkan pada saat bagian gudang mengirimkan jumlah stok produk yang di inginkan secara otomatis akan masuk ke cabang masing-masing. Di bawah ini contoh penginputan item-item produk permintaan untuk di tunjukan ke gudang pusat.

 

Pada gambar di bawah ini data informasi status permintaan stok barang cabang ke gudang apakah pending atau telah dimutasikan, ketika status tersebut

pending belum ada data yang di mutasikan dari gudang sebaliknya ketika status tersebut telah di mutasikan bagian gudang sudah memproses permintaan

obat cabang ke gudang.

 

b) Tambah foto produk
Untuk menambahkan foto produk, klik menu Administrasi > Stok Apotek > Data Obat/Alkes/Bahan > Cari Produk > Proses > Tambah Foto Produk. Form ini berfungsi untuk upload foto produk, menginput deskripsi produk dan menginput harga diskon produk yang nantinya akan ditampilkan di aplikasi Android/iOS. Harga diskon yang diinput pada form ini adalah harga diskon khusus hanya untuk pasien dan non-pasien yang order produk via aplikasi Android/iOS. 

Terdapat opsi “Tambahkan di mobile apps?”, jika Anda ceklis pada opsi tersebut maka foto dan juga deskripsi paket produk akan tampil di aplikasi mobile Android/iOS.

 

 


 

B. Pembelian Obat/Alkes/Bahan

Proses pembelian obat/alkes/bahan berfungsi agar jumlah stok selalu terjaga, sehingga harus selalu dilakukan sesuai kebutuhan. Untuk pembelian obat/alkes/bahan dari supplier atau non gudang adalah klik menu Administrasi > Stok Apotek > Pembelian Obat/Alkes/Bahan.

Setelah proses pembelian ini selesai, jumlah stok setiap obat/alkes/bahan yang baru dibeli dari supplier atau non gudang akan bertambah sesuai dengan jumlah belinya.

 

 


 

C. Kartu Stok 

Fitur Kartu Stok berfungsi untuk mengecek atau melacak semua riwayat transaksi yang berkaitan dengan obat/produk, mencakup transaksi pembelian obat langsung, pemakaian obat kabin/bahan perawatan serta terjadinya proses ubah dan hapus data obat/produk. Untuk pengecekan di kartu stok, klik menu Administrasi > Stok Apotek > Kartu Stok.

 

 

Keterangan :
A. Nama Petugas dan No. Faktur,
B. Jumlah stok yang masuk,
C. Jumlah stok yang keluar,
D. Saldo, Jumlah adalah nominal stok yang tersedia. Sedangkan, Nilai adalah nominal stok dikalikan harga beli obat (stok x harga beli).

 

 


 

D. Penyesuaian Stok

Fitur ini berfungsi untuk membantu kegiatan stock opname, dimana diperlukannya penyesuaian stok obat/bahan antara jumlah yang terdaftar didalam sistem dengan  jumlah yang ada dalam bentuk fisik/riil. Klik menu Administrasi > Stok Apotek> Penyesuaian Stok. Tampilannya sebagai berikut:

 

 

 


 

E. Penerimaan Stok

Menu untuk menerima stok obat/bahan untuk setiap cabang yang mutasi produk dari gudang. Untuk membuka menu ini, klik Administrasi > Stok Apotek > Penerimaan Stok.

 

Jika Anda ceklis pada “Harga Jual Gunakan Margin”, maka harga margin yang akan berlaku. Rumus ketentuannya adalah harga jual = harga beli (Rp) x margin (%). Setelah obat/bahan di-acc dan diproses, maka jumlah stok obat tersebut akan otomatis bertambah.

 

 


 

F. Setup Margin & Fee Resep Dokter

 

a) Setup Margin Obat : Jika harga jual di data obat bernilai 0 (nol) atau tidak ditentukan, maka harga margin yang akan berlaku. Dan sebaliknya, jika harga jual telah ditentukan, maka harga margin tidak akan berlaku. Perhitungan harga margin adalah harga Jual = harga beli + nominal margin (%).

b) Setup Fee Resep Dokter : Menetapkan biaya fee bagi dokter khusus untuk setiap pembelian obat resep, tidak berlaku untuk pembelian obat diluar resep.

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Menu Data Obat/Produk/Bahan “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.