Tutorial Menu Data Obat/Produk/Bahan “Klinik Kesehatan”

DATA OBAT/PRODUK/BAHAN

 

Menu Data Obat/Produk/Bahan adalah menu yang menampung seluruh informasi mengenai obat/produk/bahan yang akan digunakan dalam transaksi klinik. Karena setiap transaksi obat (baik obat apotek maupun obat kabin) akan selalu berhubungan dengan stok obat. Dan semua obat/bahan haruslah terdaftar lebih dulu pada menu ini sebelum digunakan untuk transaksi.

Pada menu ini terdapat 5 (lima) sub menu lainnya, antara lain:

  1. Data Obat/Alkes/Bahan,
  2. Pembelian Obat/Alkes/Bahan,
  3. Kartu stok,
  4. Pengeluaran stok,
  5. Set margin harga jual obat.

 

 

 

 


1. Data Obat/Alkes/Bahan

A. Entry Data
Opsi yang berfungsi untuk mendaftarkan data obat ke dalam program supaya memudahkan pengaturan dan perhitungan pemakaian stok pada proses transaksi. Caranya, klik menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan > Data Obat/Alkes/Bahan > Entry Data.

 

 

Keterangan :

a. Jenis Obat : Apotek dan Kabin. Maksudnya, Obat Apotek adalah obat/produk yang memiliki harga jual sendiri sekaligus adalah obat yang dapat dijual langsung tanpa perawatan. Sedangkan Obat Kabin adalah jenis obat/bahan yang habis terpakai saat perawatan (tidak bisa dijual secara langsung tanpa perawatan), dan harga jualnya sudah disatukan dengan harga tindakan.

b. Kode Obat BPJS : Kolom ini diisi apabila obat akan digunakan dalam transaksi Bridging BPJS.

c. Minimal Stok : Berfungsi untuk input batas minimal jumlah stok yang menandakan obat tersebut hampir habis dan harus dibeli lagi dari supplier.

d. Golongan Obat : Bahan Jadi dan Bahan Baku. Apabila obat tersebut adalah obat jadi dan bukan termasuk komponen obat racikan, maka diinput sebagai golongan Bahan Jadi. Dan sebaliknya, apabila obat tersebut termasuk komponen obat racikan maka diinput sebagai golongan Bahan Baku.

e. Expired Obat : Untuk menentukan tanggal kadaluwarsa suatu obat yang terdaftar pada program.

 

 

 

B. Edit Obat
Jika Anda ingin mengubah/mengedit data obat, maka klik menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan > Data Obat/Alkes/Bahan > Edit Obat.

 

Cara pengisiannya sama persis dengan form input data obat. Jika sudah selesai melakukan perubahan/edit, klik UPDATE DATA untuk menyimpan perubahan.

 

 

 

 

 


2. Pembelian Obat/Alkes/Bahan

Proses pembelian obat/alkes/bahan berfungsi agar jumlah stok selalu terjaga, sehingga harus selalu dilakukan sesuai kebutuhan. Untuk pembelian obat/alkes/bahan dari supplier atau non gudang adalah klik menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan > Pembelian Obat/Alkes/Bahan.

 

 

Setelah proses pembelian ini selesai, jumlah stok setiap obat/alkes/bahan yang baru dibeli dari supplier atau non gudang akan bertambah sesuai dengan jumlah belinya.

 

 

 

 


3. Kartu Stok

Fitur Kartu Stok berfungsi untuk mengecek atau melacak semua riwayat transaksi yang berkaitan dengan obat/produk, mencakup transaksi pembelian obat langsung, pemakaian obat kabin/bahan perawatan serta terjadinya proses ubah dan hapus data obat/produk. Untuk pengecekan di kartu stok, klik menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan > Kartu Stok.

 

 

Input nama obat yang ingin dicek pada kolom yang tertera dan input tanggal sesuai kebutuhan. Kemudian klik TAMPILKAN DATA UNTUK DICETAK, maka akan muncul data riwayat aktivitas obat seperti di bawah ini:

 

 

Keterangan:
A. Nama Petugas dan No. Faktur,
B. Jumlah stok yang masuk,
C. Jumlah stok yang keluar,
D. Saldo, Jumlah adalah nominal stok yang tersedia. Sedangkan, Nilai adalah nominal stok dikalikan harga beli obat (stok x harga beli).

 

 

 

 


4. Penyesuaian Stok

Fitur ini berfungsi untuk membantu kegiatan stock opname, dimana diperlukannya penyesuaian stok obat/bahan antara jumlah yang terdaftar didalam sistem dengan  jumlah yang ada dalam bentuk fisik/riil. Klik menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan> Penyesuaian Stok. Tampilannya sebagai berikut:

 

 

 

 

 


5. Set Margin Harga Jual Obat

Pada pengaturan setup margin, jika harga jual di data obat bernilai 0 (nol) atau tidak ditentukan, maka harga margin yang akan berlaku. Dan sebaliknya, jika harga jual telah ditentukan, maka harga margin tidak akan berlaku.

 

 

 

 


6. Membuat Racikan Resep Obat Pada Klinik Kesehatan

Untuk membuat Racikan Resep Obat yang pertama masuk ke Menu Administrasi > Data Obat/Produk/Bahan > Data Obat/Alkes/Bahan.

 

Selanjutnya klik tombol Entry Data untuk input data obat

Setelah kita masuk ke Entry Data Inputkan Data Obat dengan Golongan Bahan Jadi, untuk menampung komponen Bahan Baku.

 

Keterangan:

Golongan Obat: Bahan Jadi dan Bahan Baku. Apabila obat tersebut adalah obat jadi dan bukan termasuk komponen obat racikan, maka diinput sebagai golongan Bahan Jadi. Dan sebaliknya, apabila obat tersebut termasuk komponen obat racikan maka diinput sebagai golongan Bahan Baku.

Setelah kita input data obat selanjutnya klik tombol Tambahkan supaya menyimpan data obat ke sistem.

 

Selanjutnya kita input lagi data obat dengan Golongan Bahan Baku yang nantinya akan menjadi komponen racikan. Setelah selesai input klik tombol Tambahkan untuk menyimpan data obat ke sistem

Setelah kedua bahan di input selanjutnya kita Kembali ke menu Administrasi > Data  Obat/Produk/Bahan > Data Obat/Alkes/Bahan.

Selanjutnya kita Search untuk mencari data obat dengan komponen Bahan Jadi dan klik tombol Orange untuk proses membuat racik obat.

Selanjutnya kita klik dan masukan kata atau nama obat yang sudah dibuat dengan komponen Bahan Baku dan pilih data tersebut, lalu isikan jumlah bahan yang akan digunakan dengan menggunkan angka saja, dan klik tombol bertanda (+) untuk menyimpan data dan tombol  bertanda (-) untuk membatalkan penyimpanan data.

 

Jika dirasa kurang data obatnya inputkan lagi mulai dari Data Obat, Jumlah Bahan, dan klik Tombol Bertanda (+).

Klik tombol Selesai untuk proses menyimpan data ke sistem.

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Tutorial Menu Data Obat/Produk/Bahan “Klinik Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.