Tutorial Menu Data Tindakan & Pemeriksaan “Klinik Kesehatan”

DATA TINDAKAN & PEMERIKSAAN

 

Karena setiap transaksi kesehatan pasien selalu berhubungan dengan biaya, maka sudah seharusnya seluruh tarif tindakan & pemeriksaan yang berlaku di klinik harus tersimpan lebih dulu di dalam database.

 

Pada menu ini terdapat 4 (empat) sub menu lainnya, diantaranya:

  1. Data Tindakan,
  2. Setup Promo,
  3. Data Diagnosa,
  4. Data Pemeriksaan Lab & Radiologi.

 

 

 

 


1. Data Tindakan

Sub menu ini berisi data seluruh tarif/biaya setiap tindakan dan jasa perawatan pasien. Untuk melihatnya, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Tindakan.

 

 

 

 

 

 

A. Import Data Tindakan/Jasa
Jika Anda telah memiliki data tarif tindakan/jasa dalam format excel, maka Anda dapat menggunakan/memasukkan file tersebut ke dalam program ini sesuai dengan format yang ditentukan, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan entry data satu per satu. Klik Ambil dari Komputer, kemudian klik Import. Terdapat juga opsi “Semua data tarif yang sudah ada di database dihapus?” , apabila Anda pilih YA maka data tindakan yang ada di database akan terhapus secara permanen. Namun apabila Anda pilih TIDAK, maka data tindakan yang lama akan tetap tersimpan di dalam database.

 

 

 

 

 

B. Entry Data Tarif Tindakan/Jasa
Untuk melakukan entry data tindakan beserta tarifnya, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Tindakan > Entry Data.

 

Keterangan:

  1. Pilih jenis poli,
  2. Input kode BPJS tindakan (jika untuk bridging BPJS),
  3. Input nama tindakan, pilih jenis (tindakan/jasa) dan durasi tindakan,
  4. Input jenis tindakan, pilih tindakan biasa / tindakan merah.
    Yang di maksud tindakan merah ( gunanya pada saat dokter memulai tindakan operasi wajib melakukan upload data persetujuan dari pihak keluarga pasien untuk melakukan tindakan operasi ).
  5. Input tarif tindakan berdasarkan tipe pasien, yakni Umum dan Member,
  6. Input fee dokter dan perawat (jika ada),
  7. Klik TAMBAHKAN untuk menyimpan data.

 

 

 

 

 

 

C. Edit Bahan Tindakan
Untuk melakukan edit bahan tindakan (kabin), klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Tindakan > Edit Bahan.

Keterangan:

  1. Input nama bahan yang akan digunakan pada saat tindakan (hanya bahan kabin),
  2. Input jumlah pemakaian bahan pada tiap tindakan,
  3. Jangan Lupa klik tombol (+) agar bahan dapat terproses.
  4. Klik Selesai untuk menyimpan.

Catatan : Pada opsi Edit Bahan Tindakan ini Anda dapat menambah ataupun menghapus bahan (kabin) yang digunakan untuk suatu tindakan.

 

 

 

 

 

D. Edit Data Tarif Tindakan
Untuk mengedit data tindakan beserta tarifnya, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Tindakan > Edit Tarif.

Ubah apa yang perlu diubah, kemudian klik UPDATE DATA untuk menyimpan perubahan.

 

 

 

 

 

E. Hapus Tindakan
Untuk menghapus tindakan beserta tarifnya, klik Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Tindakan > Hapus Tarif.

 

 

 


2. Setup Promo

Fitur ini berfungsi untuk men-setting setiap treatment atau produk yang termasuk ke dalam kategori promo yang diadakan oleh pihak klinik. Dan setiap treatment atau produk yang terdaftar sebagai item promo akan secara otomatis terdiskon pada saat pembayaran di kasir, yang mana besaran diskonnya sesuai dengan apa yang diinput pada menu Setup Promo.

Klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Setup Promo.

 

Langkah-langkah setup promo:

 

1. Input nama/judul promo,
2. Pilih jenis promo,
3. Ceklis pada kolom notifikasi (jika ingin menggunakan notifikasi promo otomatis untuk para pasien),
4. Tentukan masa berlakunya promo,
5. Selanjutnya Anda harus menentukan tindakan dan obat apa saja yang termasuk ke dalam item promo tersebut melalui link Proses yang ada di sebelah kanan pada list Promo,

 

6. Form setting promo tindakan,

 

7. Form setting promo obat,

 

8. Form edit data promo,

 

 

Catatan: Saat input jumlah berapa persen diskon yang berlaku untuk tindakan/obat tersebut, maka harga dalam nominal Rp (Rupiah) akan terakumulasi secara otomatis pada saat pasien membayar tindakan tersebut di kasir sesuai dengan masa berlakunya promo.

 

 

 


3. Data Diagnosa

Untuk melihat, menambahkan, mengedit dan menghapus data diagnosa klinik, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Diagnosa.

 

 

 

 

 


4. Data Pemeriksaan Lab & Radiologi 

Untuk menginput, mengedit dan menghapus data pemeriksaan lab & radiologi yang terdaftar di klinik, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi.

 

 

 

A. Import Data
Jika Anda telah memiliki data tarif pemeriksaan lab dalam format excel, maka Anda dapat menggunakan/memasukkan file tersebut ke dalam program ini sesuai dengan format yang ditentukan, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan entry data satu per satu. Klik Ambil dari Komputer, kemudian klik Import.

 

 

 

B. Entry Data
Untuk melakukan entry data pemeriksaan lab agar teraftar di klinik, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi > Entry Data.

 

Keterangan:

1. Pilih jenis golongan lab,
2. Input nama pemeriksaan lab,
3. Input tarif pemeriksaan,
4. Kode pemeriksaan,
5. Pilih jenis pemeriksaan,
Tunggal : item yang berdiri sendiri dan memiliki nilai rujukan sendiri, serta pemeriksaannya bisa dilakukan secara terpisah.
Paket : item yang merupakan gabungan dari beberapa pemeriksaan tunggal, sehingga tidak memiliki rujukan sendiri dan tidak bisa berdiri sendiri.
Rinci : item yang berdiri sendiri tetapi memiliki sub item.
6. Input fee untuk dokter.

Jika proses input telah selesai, klik tombol MASUKKAN DATA untuk menyimpan.

 

 

 

C. Item Reagent
Tambah item reagent untuk tindakan jenis tunggal, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi > Item Reagent.

 

 

 

D. Nilai Normal
Untuk menambah nilai normal untuk tindakan jenis tunggal, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi > Nilai Normal.

 

 

 

E. Edit Item
Untuk melakukan edit/ubah data tarif pemeriksaan lab, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi >Edit Item.

 

 

 

F. Hapus Item
Untuk menghapus data pemeriksaan, klik menu Administrasi > Data Tindakan & Pemeriksaan > Data Pemeriksaan Laboratorium & Radiologi > Hapus Item.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Tutorial Menu Data Tindakan & Pemeriksaan “Klinik Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.