Prosedur Pembelian Obat (NON – Gudang) “Klinik Kecantikan”

PROSEDUR PEMBELIAN OBAT (NON – GUDANG)

 

 

1. Klik menu Administrasi > Stok Apotek > Pembelian Obat/Alkes/Bahan,

 

 

2. Mengisi form Transaksi Faktur Pembelian,

Keterangan :

a. Input no. faktur,
b. Pilih supplier obat,
c. Pilih metode pembayaran,
d. Tentukan tanggal jatuh tempo faktur,
e. Input nama obat,
f. Klik kolom harga beli dan expired agar nominalnya muncul,
g. Input jumlah beli obat,
h. Klik kolom unit agar jenis unit muncul,
i. Klik kolom nilai (Rp) supaya jumlah total bayarnya muncul,
j. Jangan lupa klik tombol (+) agar data pembelian obat dapat diproses oleh sistem,
k. Klik Masukkan Data untuk memproses transaksi,
l. Ulangi langkah dari poin 6 sampai 11 apabila obat yang dibeli lebih dari satu jenis.

 

 

3. Untuk melihat status pembayaran obat gudang atau melakukan konfirmasi pembayaran, klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Pembelian Obat.

 

 

4. Lakukan pencarian data pembelian obat gudang berdasarkan tanggal beli atau no. faktur.

 

 

5. Klik tombol Proses, kemudian klik Bayar untuk konfirmasi pembayaran (apabila klinik sudah melakukan pembayaran).

 

 

6. Setelah klik Bayar, maka status data pembelian obat berubah menjadi Sudah Bayar.

7. Didalam tombol proses terdapat opsi Detil dan Hapus. Detil berfungsi untuk melihat detail obat yang dibeli, dan Hapus berfungsi untuk membatalkan/menghapus transaksi pembelian obat.

 

 

Permintaan Stok Ke Gudang

Untuk mengakses menu Stok Apotek kilik menu Administrasi -> Stok Apotek -> Permintaan  Stok Ke Gudang.

Menu Stok Apotek ini adalah menu permintaan khusus yang disediakan bagi pihak/user apotek supaya mempermudah segala kegiatan yang berkaitan dengan Pemesanan Produk/Obat dari Gudang ke Cabang.

Untuk melakukan Permintaan Stok Ke Gudang kita harus klik Permintaan Stok Ke Gudang.

Selanjutnya kita isikan Form Pemesanan Produk/Obat.

Selanjutnya masuk ke Administrasi -> Stok Apotek -> Penerimaan Stok.

Setelah masuk ke Pemesanan Stok, Selanjutnya kita klik ACC untuk memproses data yang kita pesan. Lalu kita klik Proses setelah meng klik ACC.

Keterangan Prosess:

  • ACC untuk memberitahu gudang bahwa apotek sudah fix dengan data prodak/obat yang akan di pesan.
  • PENDING untuk memberitahu gudang bahwa produk/obat yang di pesan mau di pending terlebih dahulu karena produk/obat mungkin masih ada atau masih tersedia.
  • BATAL untuk memberitahu gudang bahwa pemesanan produk/obat yang dilakukan apotek di batalkan.
  • SUDAH BAYAR untuk memberitahu gudang bahwa pembayaran terkait produk/obat yang dipesan sudah dibayarkan.

Selanjutnya Kembali ke menu Administrasi -> Stok Apotek -> Penerimaan Stok. Klik Sudah Bayar lalu klik PROSES untuk melanjutkan pembayaran pesanan ke Gudang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.