Prosedur Perawatan Pasien Reguler “Klinik Gigi”

PROSEDUR PERAWATAN PASIEN REGULER 

 

Prosedur perawatan reguler merupakan penjelasan tentang bagaimana alur yang harus dilalui oleh pasien dalam menjalani perawatan reguler (Non-Paket). Apabila pasien belum terdaftar di dalam sistem ICONIX, maka sebelum menjalani perawatan pasien diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di menu Resepsionis > Pendaftaran Baru. Dan apabila pasien telah terdaftar di sistem, maka langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

 

 

1. Klik menu Resepsionis > Kunjungan Baru.

 

 

2. Form entry data antrian pasien.

Keterangan :

a. Tentukan jadwal tanggal dan jam kunjungan perawatan,
b. Cari nama pasien,
c. Pilih dokter,
d. Klik Proses Ke Antrian,

 

3. Setelah mengisi form entry antrian, pasien akan masuk ke daftar antrian perawatan seperti di bawah ini :

Pada daftar antrian pasien juga terdapat 4 (empat) kolom yang berbeda, yaitu:

a. Daftar Antrian Hari Ini : untuk pasien yang melakukan perawatan pada hari ini (termasuk juga dari antrian appoinment) supaya segera masuk ke ruangan.
b. Jadwal Besok (Non-Paket) : untuk pasien yang akan melakukan perawatan esok hari.
c. Appointment Pasien (Non-Paket) : untuk pasien yang sudah memiliki janji perawatan pada 2 (dua) hari berikutnya atau setelahnya.
d. Appointment Pasien (Khusus Paket) : untuk pasien khusus PAKET yang sudah memiliki janji perawatan berikutnya.

 

5. Selanjutnya pasien akan dipindahkan ke menu Perawatan Baru, klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

6. Pada form Entry Data Pemeriksaan, yang pertama harus diisi adalah Tab Data Pasien.

Keterangan :

a. Input tanggal dan kunjungan berikutnya (jika ada),
b. Ceklis apabila ingin pasien mendapat notifikasi mengenai kunjungan berikutnya,
c. Klik untuk lihat riwayat perawatan pasien dan foto pasien sebelum perawatan,
d. Input kolom Alergi Obat, Masalah Kulit dan Catatan (jika diperlukan).

 

7. Selanjutnya, klik Tab Pemeriksaan & Resep Dokter (jika pasien perlu obat resep).

Keterangan :

a. Input hasil pemeriksaan,
b. Input nama dan jumlah obat resep (jika resep tidak menggunakan iter/copy resep),
c. Input resep dokter (jika resep menggunakan iter/copy resep).

 

 

8. Klik Tab Tindakan Dokter, untuk input treatment apa saja yang dijalani oleh pasien.

Keterangan :

a. Pilih No. Gigi yang akan diberikan tindakan dokter,
b. Pilih nama tindakan yang digunakan,
c. Input diskon perawatan (jika ada)
d. Jangan lupa klik tombol (+) agar treatment dapat terproses oleh sistem.

 

9. Scroll ke bawah jika ingin melakukan perubahan pada Odontogram pasien. Klik tombol Edit Odontogram.

 

 

10. Klik pada No. Gigi yang diberi tindakan. Selanjutnya pilih tindakan, kemudian klik tombol Simpan.

 

 

 

 

11. Klik Masukkan Data untuk menyimpan seluruh data perawatan pasien.

Setelah proses ini, maka pasien yang telah selesai menjalani perawatan dan seluruh data perawatan pasien yang telah diinput sebelumnya akan dipindahkan ke menu Data Perawatan. Untuk melihatnya klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

 

12. Apabila pasien tidak memiliki obat resep yang harus diambil, maka transaksi berlanjut ke menu Kasir Pembayaran. Namun apabila pasien memiliki obat resep yang harus diambil, maka transaksi berlanjut ke menu Depo/Apotek. Klik menu Depo/Apotek > Resep Dokter :

Keterangan :

a. Tab Langsung dari Apotek : untuk menebus obat resep yang tidak menggunakan iter/copy resep,
b. Tab Langsung dari Dokter : untuk menebus obat resep yang menggunakan iter/copy resep.

 

 

13. Cari nama pasien yang obat resepnya ingin diambil. Kemudian klik tombol hijau untuk masuk ke form transaksi obat resep.

 

 

14. Pada form Transaksi Obat Resep (yang tidak menggunakan iter/copy resep), Anda diminta untuk menginput ulang data obat resep pasien. Obat resep yang diinput boleh berubah dan tidak harus sama dengan yang diinput pada saat pengisian data perawatan. Hal ini hanya berlaku untuk obat resep yang berasal dari apotek, bukan obat resep dari dokter.

Keterangan :

a. Input nama obat resep,
b. Input jumlah obat,
c. Jangan lupa klik tombol (+) agar obat dapat terproses oleh sistem,
d. Klik Masukkan Data untuk pembayaran.

 

 

15. Yang terakhir, klik menu Kasir Pembayaran > Pembayaran Perawatan. Pilih Tab Pembayaran Perawatan Reguler.

 

 

16. Cari nama pasien yang harus melakukan pembayaran, kemudian klik tombol Bayar.

 

 

17. Mengisi form pembayaran perawatan reguler.

 

Keterangan :

a. Nama treatment yang diambil pasien,
b. Nama obat resep yang diperoleh pasien,
c. Ceklis jika ingin bayar menggunakan deposit,
d. Metode pembayaran,
e. Input nominal bayar (jika menggunakan metode tunai),
f. Klik kolom kembalian agar muncul jumlah uang kembaliannya,
g. Klik Masukkan Data untuk cetak struk.

 

 

18. Keluarnya struk/kwitansi adalah tanda bahwa transaksi telah selesai dan tidak ada data yang dapat diubah/diedit lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.