Tutorial Menu Setting Umum “Klinik Kecantikan”

SETTING UMUM

 

Dibawah ini adalah tampilan pertama pada menu Setting Umum, dimana setup pada menu ini berpengaruh langsung terhadap sistem pelayanan.

Pada menu ini terdapat 4 (empat) sub menu lainnya, yakni :

  1. Identitas Klinik
  2. Setup Cabang
  3. Setup Bank
  4. Email Laporan Harian
  5. Intgrasi Satu Sehat

 

 


1. Identitas Klinik

Untuk men-setting Identitas Klinik, klik menu Administrasi > Setting Umum > Identitas Klinik. Maka akan tampil form isian sebagai berikut:

Keterangan :
1. Input Nama Klinik
2. Input Alamat Klinik
3. Pilih jenis ukuran kertas print yang digunakan
4. Ceklis jika nama produk resep akan disembunyikan pada saat cetak kwitansi pembayaran
5. Ceklis jika ingin hapus foto logo yang telah diupload
6. Upload logo
7. Tentukan minimal pembayaran DP untuk perawatan jenis paket (bisa dalam Rp atau %)
8. Setting fee dokter, jika di ceklis maka fee dokter akan berkurang saat diskon di menu perawatan
9. Tentukan waktu auto logout (jika sistem tidak dijalankan selama waktu yang ditentukan, maka sistem akan logout secara otomatis)
10. Ceklis jika ingin penggunaan expired pada treatment paket berlaku
11. Tombol untuk simpan data yang telah di setup

 

 

 

 


2. Setup Cabang

Untuk menambah jumlah cabang klinik, klik menu Administrasi > Setting Umum > Setup Cabang.

“Untuk menambah jumlah cabang, hanya dapat dilakukan sebanyak berapa jumlah yang dibeli ke Iconix”.

Untuk tampilan form setup cabang seperti di bawah ini:

Keterangan :
1. Kode cabang mengikuti berapa jumlah cabang yang ada (kode terinput secara otomatis)
2. Input nama cabang
3. Input alamat cabang
4. Input no. telp cabang
5. Input no. handphone cabang
6. Input email klinik cabang
7. Input lat/lgt lokasi cabang, dapat dilihat di Maps
8. Input margin di setiap cabang (setiap cabang margin berbeda-beda)
9. Ceklis, jika ingin meng-copy data tarif treatment dari cabang yang dipilih
10. Tentukan nominal diskon untuk reseller dan fee untuk reseller yang memiliki downline (jika ada)
NB : untuk penambahan jumlah cabang hanya dapat dilakukan jika sudah menghubungi pihak ICONIX mengenai konfirmasi penambahan cabang baru.

 

seperti berikut ini tampilan data cabang :


Di dalam tabel data cabang ada 2 (dua) tombol fungsi, diantaranya:
1. Edit data cabang
2. Hapus data cabang jika sudah tidak aktif lagi

 

Pada halaman Edit Cabang, terdapat opsi untuk Sharing Data Pasien Antar Cabang. Cabang yang ditampilkan adalah semua nama cabang yang sudah terdaftar di sistem ICONIX.

jika ingin merubah data, anda bisa melakukan pengisian kode organization id, client id, client secret, bisa di cek dari portal SatuSehat.

Pilih Mode URL Terdapat tiga pilihan mode URL:

  1. Development untuk pilihan mode testing SatuSehat yang ingin melakukan testing, mengunakan data dummy, sekedar untuk contoh dan uji coba data.
  2. Staging adalah mode persiapan sebelum mulai dipakai di mode production.
  3. Production untuk pilihan data real ketika klinik sudah siap menggunakan data sebenarnya, untuk integrasi data rekam medis elektronik (RME) di platform SatuSehat.

Jika anda ingin menampilkan data pasien dari suatu cabang, maka lalukan ceklis pada nama cabang tersebut. Nama cabang yang tidak diceklis, maka tidak akan tampil data pasiennya dicabang lain yang bersangkutan. Fitur ini pengaturannya adalah untuk per-cabang, jadi setiap cabang data pasien yang ditampilkan dapat berbeda-beda sesuai dengan cabang yang dipilih/ceklis. Dan fitur ini hanya bisa disetting oleh cabang pusat.


3. Email Laporan Harian

Menu ini berfungsi untuk mengirim laporan rekapitulasi total pendapatan per hari sesuai dengan pengaturan backup otomatis pada waktu yang ditentukan. Laporan pendapatan secara otomatis akan masuk ke email yang sudah terdaftar pada menu ini.

Tentukan waktu/jam pengiriman laporan otomatis, kemudian masukan data nama dan email penerima pada kotak yang disediakan. Selanjutnya klik tombol TAMBAHKAN. Untuk melihat data email yang sudah didaftarkan, maka buka tab Tabel Data Penerima Email.

Email laporan harian akan terkirim ke semua email yang tedaftar di Tabel Data Penerima Email.



4. Setup Bank

Menu Setup Bank memiliki fungsi untuk menambah/menginput jenis bank & e-money yang akan digunakan pada saat pembayaran transaksi dan sudah terkoneksi juga dengan sistem finance.

Masukan data nama bank atau e-money dan saldo awal (saldo/kas yang dimiliki pada saat ini) yang disediakan, kemudian klik tombol Tambahkan.

 



5. Integrasi SatuSehat

Insert Kode API 

Untuk mengubah API dapat diakses melalui menu Administrasi -> Setting Umum-> Setup Cabang-> Data Cabang-> Edit Cabang.

Kami menyarankan untuk mengunakan mode sandbox data dummy dahulu untuk uji coba pengisian kode organization id, client id, client secret.

Untuk penjelasan bisa lihat di bawah ini.

 

Pilih Mode URL Terdapat tiga pilihan mode URL:

  1. Development untuk pilihan mode testing SatuSehat yang ingin melakukan testing, mengunakan data dummy, sekedar untuk contoh dan uji coba data.
  2. Staging adalah mode persiapan sebelum mulai dipakai di mode production.
  3. Production untuk pilihan data real ketika klinik sudah siap menggunakan data sebenarnya, untuk integrasi data rekam medis elektronik (RME) di platform SatuSehat.

1. Setup API & URL

Pilih Mode URL

kode api yang di input  di menu cabang akan tampil di menu  Setting umum >Satusehat>Setup API&URL silahkan klik generate token untuk melihat berhasil atau tidak


2. Setup Practitioner untuk Tenaga Kesehatan (Nakes)

  • – Silahkan pilih klinik sesuai data yang mau diupdate.
  • – Pilih Jenis Pencarian dengan bedasarkan NIK, Nama, Jenis Kelamin, Tgl Lahir atau
  •    bedasarkan ID (Nomer IHS) bisa di sebut Indonesia Health Services.
  • – Ketikan NIK practitioner sesuai dengan data pribadi, setelah itu bisa klik cari data.

Pada saat cari data nakes wajib di mapping dahulu dengan platform SatuSehat dengan cara klik tombol mapping.

Sesudah tampil seperti gambar yang di atas, silahkan dicocokkan kembali data dokter yang di klinik, sesudah itu bisa di klik tombol proses mapping.

 

Data practitioner yang sudah kita daftarkan di SatuSehat maka akan muncul di data praktisi pada saat pencarian data dari portal SatuSehat, contoh bisa di lihat gambar di atas.


3. Organization

Organisasi merupakan data terkait struktur organisasi yang ada di dalam suatu klinik, data struktur organisasi ini akan dijadikan referensi saat data pelayanan kesehatan dikirimkan ke SatuSehat dan melakukan registrasi atau mengirimkan data terkait struktur organisasi yang tersedia di dalam klinik tersebut.

1. Silahkan pilih Klinik sesuai data yang mau diupdate
2. Kode lokal berasal dari internal klinik
3. Email
4. Website (Jika Ada)
5. Provinsi
6. Kecamatan
7. Kode Pos
1. Tipe
2. Nama
3. No. Telephone
4. Alamat
5. Kab/Kota
6. Kelurahan/Desa
7. Bagian Dari

1. Data organize id itu sendiri terdiri dari bagan-bagan klinik dari direktorat, Instalasi rawat jalan, instalasi laboratorium, dan direktorat keuangan Kode tersebut di dapatkan secara otomatis dari portal SatuSehat.

2. Kode local, bagian dari kode dari internal klinik misalnya kode yang sedang dijabat, contoh kepala ruangan instalasi farmasi, dan keuangan.

3. Part of, bagian dari struktur organisasi tugasnya berhadapan langsung dengan direktorat rumah sakit atau klinik dari bagan struktur organisasi.


4. Location

Lokasi klinik dari pusat hingga cabang bisa di input sesuai alamat klinik masing-masing untuk memudahkan SatuSehat membaca alamat klinik.

1. Kode lokal dipilih sesuai alamat klinik yang ingin di daftarkan
2. Tipe
3. Email
4. Website (Jika Ada)
5. Provinsi
6. Kecamatan
7. Kode Pos
8. Nama
9. Deskripsi (Jika Ada)
10. No. Telephone
11. Alamat
12. Kab/Kota
13. Kelurahan/Desa

Ketika sudah mengisi data-data yang di atas bisa langsung klik simpan data atau klik tombol hijau lihat gambar di atas.

  • – Location Id yaitu lokasi klinik yang sudah di daftarkan dari pusat sampai dengan cabang agar mendapatkan location id dari SatuSehat.
  • – Kode lokal yaitu kode bedasarkan setup cabang dari pusat sampai ke cabang.
  • – Status apakah alamat klinik yang sudah di daftarkan klinik masih beroperasional atau tidak.

CARA MENGINTEGRASI PASIEN KLINIK KE SATUSEHAT

  1. Catatan penting untuk klinik, yakni harus menyiapkan formulir informed consent untukpasien klinik dapat melakukan tandatangan persetujuan bahwa Rekam Medik Elektronik pasien tsb diijinkan untuk di integrasikan ke SatuSehat.
  2. Saat memulai proses pendaftaran, akses menu data pasien & non pasien -> data pasien lalu cari pasien yang ingin di daftarkan ke SatuSehat, klik tombol proses edit pasien. Kemudian centang bahwa pasien tsb telah menyetujui membaca dan menandatangani.

 

 

Setelah menyetujui dan mencentang, kemudian bisa dilakukan klik tombol cek SatuSehat (tombol bagian paling bawah) untuk mengecek apakah data tersebut berhasil terdaftar atau tidak.

Kemudian jika tampilannya sudah seperti gambar di atas berarti pasien tersebut sudah terdaftar di portal SatuSehat klinik.


5.Encounter/Procedure/Condition

 

1.Proses Push Data transaksi perawatan ke portal SatuSehat 1, hanya bisa dilakukan 1x perhari. Data yang dikirim berupa waktu kunjungan, tenaga kesehatan, ICD-9 cm, ICD-10, dan kondisi pasien stabil setelah meninggalkan faskes (bisa cek menu encounter/procedure/condition).

2.Nama pasien yang sudah diproses push, nantinya data pasien tersebut akan terbaca di dashboard portal SatuSehat  klinik.

Encounter id adalah data-data kunjungan pasien yang direkam meliputi kapan pertemuan tersebut mulai dan selesai, untuk cara edit perubahan data ada di menu perawatan -> data perawatan cari pasien klik proses -> detail perawatan, lihat gambar di bawah ini.

Kemudian pilih tombol tindakan & simpan, cek bagian bawah, jika ada perubahan bisa langsung ubah ICD9-CM (Kode Standar Penyakit) atau ICD10 (Kode Standar Diagnosa), contoh bisa di lihat dari gambar di bawah ini.

Cara melihat perubahan ICD-9 cm atau ICD-10 data pasien bisa di lakukan dengan klik tombol biru pada encounter   id, contoh bisa di lihat dari gambar di bawah ini.

– Setelah ada perubahan data pada ICD-9 cm atau ICD-10, bisa melakukan klik tombol hijau   (ubah data ke portal SatuSehat).

 

Klik lanjut ubah agar tersimpan data ICD-9 cm dan ICD-10 pasien tsb

 

One thought on “Tutorial Menu Setting Umum “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.