Tutorial Menu Perawatan “Klinik Kecantikan”

PERAWATAN

Menu Perawatan adalah menu yang menyediakan pelayanan perawatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Di dalam menu ini terdapat 4 (empat) sub menu, diantaranya:

  1. Khusus Treatment Reguler Saja
  2. Perawatan Baru
  3. Data Perawatan
  4. Konsultasi Online

 

 

 


1. Khusus Treatment Reguler Saja

Menu ini disediakan khusus untuk pasien reguler yang hanya mengambil treatment saja (tanpa disertai resep dan antrian).

a. Klik menu Perawatan > Khusus Treatment Reguler Saja.

b. Pada halaman ini, Anda dapat langsung menginput nama dokter, pasien dan juga treatment (tanpa resep). Proses ini mirip dengan proses penjualan obat/produk langsung.

c. Klik tombol Proses ke Kasir Pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.

d. Klik menu Kasir Pembayaran > Pembayaran Pearawatan > Pembayaran Perawatan Reguler.

e. Cari nama pasien > Proses Bayar Perawatan Reguler.

f. Pada Form Pembayaran Anda dapat menginput nominal pembayaran dan metode pembayaran. Pada halaman ini Anda juga dapat menginput nilai diskon (jika ada).

g. Langkah terakhir, klik Proses Bayar untuk cetak/print kwitansi.


2. Perawatan Baru

Menu Perawatan Baru adalah menu yang menampung data antrian pasien sebelum memasuki ruang pemeriksaan/perawatan. Data antrian pasien yang ada pada menu ini berasal dari data antrian kunjungan baru. Klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

Terdapat 4 (empat) opsi yang perlu diperhatikan pada gambar diatas, yaitu:

A. Riwayat Pasien : untuk melihat seluruh riwayat perawatan pasien pada kunjungan sebelumnya.
B. Tambah Paket : untuk penambahan paket treatment bagi pasien yang membutuhkan.
C. Entry Treatment & Resep : untuk masuk ke inputan data pemeriksaan pasien (input diagnosa, treatment, obat resep, tanggal kunjungan berikutnya dll).
D. Batal : untuk membatalkan proses pemeriksaan (hanya berlaku untuk pasien NON-paket).

 

Di dalam form proses pemeriksaan pasien, terdapat 3 (tiga) sub bagian, yaitu Data Pasien, Pemeriksaan & Resep Dokter dan Tindakan Dokter.

 

 

  • Sub Bagian Data Pasien

 

Keterangan :
A. Input tanggal kunjungan berikutnya bagi pasien
B. Klik untuk melihat riwayat dan foto pasien sebelum perawatan
C. Untuk upload foto pasien sebelum perawatan
D. Untuk upload foto pasien setelah perawatan
E. Input alergi obat, masalah kulit dan catatan lainnya

 

 

  • Sub Bagian Pemeriksaan & Resep

 

Keterangan :
A. Pilih dokter, jika dokter berbeda dari saat input diawal antrian
B. Input Anamnesis
C. Input Pemeriksaan
D. Diagnosis
E. Input Resep Dokter
F. Print Resep

 

  • Sub Bagian Tindakan Dokter

 

Keterangan:
A. Input tindakan,
B. Jumlah tindakan,
C. Nama Beautician yang melayani perawatan,
D. Harga tindakan,
E. Nominal diskon,
F. Satuan diskon (Rp / %).

 

 

Berikut penjelasan detail mengenai cara input form data perawatan di menu Perawatan Baru diatas:

a. Cara Pengisian Data Perawatan (NON-Paket)

 

 

  1. Langkah awal klik opsi ENTRY TREATMENT & RESEP pada data pasien di menu Perawatan Baru.
  2. Pada halaman selanjutnya, di kolom Tindakan input minimal 2 (dua) karakter awal dari Nama Treatment, maka akan muncul daftar- nama-nama treatment yang sesuai. Kemudian klik salah satu dari treatment tersebut sesuai dengan yang sedang dijalani oleh pasien,
  3. Pada kolom Beautician, input minimal 2 (dua) karakter awal dari Nama Beautician, maka akan muncul daftar- nama-nama beautician yang sesuai. Kemudian klik salah satu dari beautician tersebut sesuai dengan yang sedang melayani pasien,
  4. Klik kolom diskon untuk input nominal diskon (bisa Rp / %),
  5. Klik kolom nilai untuk menentukan satuan diskon,
  6. Jangan Lupa klik tombol (+) yang ada di sisi kanan supaya item tindakan tersimpan,
  7. Ulangi dari langkah 1 (satu) diatas apabila ada treatment lain yang ingin ditambahkan (tidak ada batasan dalam penambahan jenis treatment dalam 1 kunjungan perawatan).
  8. Setelah semua kolom terisi, klik tombol MASUKKAN DATA.

Selanjutnya proses berlanjut ke menu Kasir (apabila tidak ada isian obat Resep pada sub bagian resep) atau ke menu Depo/Apotek (apabila ada isian obat Resep pada sub bagian resep).

Catatan: Apabila terjadi kesalahan pengisian (contoh: item treatment kurang, salah isi  atau data pemeriksaan salah) padahal sudah terlanjur klik Masukkan Data, maka solusinya klik menu Perawatan > Data Perawatan > Proses > Review/Detail Perawatan. Ubah apa yang perlu diubah, lalu klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 

 

b. Cara Pengisian Data Perawatan (PAKET)

1. Langkah awal klik opsi TAMBAH PAKET pada data pasien di menu Perawatan Baru.

 

2. Lalu input minimal 2 (dua) karakter terdepan dari nama Paket Treatment, kemudian akan muncul nama paket yang sesuai.

 

3. Jangan Lupa, klik tombol orange yang ada di sisi kanan nama paket treatment supaya paket dapat terproses.
4. Klik Tambah Paket agar paket dapat tersimpan.
5. Klik tombol biru jika ingin membatalkan paket.

 

 

6. Selanjutnya kembali ke menu Perawatan Baru, klik opsi PERIKSA PAKET untuk masuk ke form isian data perawatan khusus paket.

 

 

Keterangan :

  1. Status Kunjungan Pasien (Ke-4),
  2. Untuk kolom jadwal kunjungan berikutnya WAJIB diisi. Namun, apabila tidak tahu kapan pasien tersebut akan berkunjungan kembali untuk mengambil paketnya, maka kolom tanggal kunjungan berikutnya akan tetap terisi secara otomatis dengan tanggal 2 minggu setelah kunjungan ke-1 atau ke-4.

 

Keterangan :
A. Pilih dokter, jika dokter berbeda dari saat input diawal antrian,
B. Input hasil pemeriksaan,
C. Input obat/produk resep
D. Print resep

 

 

Keterangan :

  1. Nama Paket yang diambil,
  2. Ceklis tindakan yang dilakukan pada saat kunjungan tersebut,
  3. Nama tindakan yang ada didalam paket tersebut,
  4. Input nama beautician yang melakukan tindakan.

 

 

Keterangan :

  1. Jika dalam pengambilan Paket Treatment, dokter menyarankan untuk mengambil tindakan diluar paket, maka klik sub bagian Tambah Tindakan.
  2. Input nama tindakan yang ingin ditambahkan,
  3. Pilih beautician yang melakukan tindakan,
  4. Jangan Lupa klik tombol (+) agar tindakan dapat terproses,
  5. Klik tombol MASUKKAN DATA untuk menyimpan.

 

Selanjutnya proses berlanjut ke menu Kasir (apabila tidak ada isian Obat Resep pada kolom Resep Dokter) atau  proses berlanjut ke menu Depo/Apotek terlebih dulu sebelum menuju menu kasir (apabila ada isian Resep pada kolom Resep Dokter).

 

Catatan :

Apabila terjadi kesalahan input data perawatan/perlu melakukan penambahan dan pengeditan di dalam data perawatan, padahal sudah terlanjur klik tombol Proses & Simpan Data, maka solusinya adalah ke menu Perawatan -> Data Perawatan, lalu klik Detail Perawatan/Review. Ubah apa yang perlu diubah, kemudian klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 

 

 


 

 

3. DATA PERAWATAN

Menu Data Perawatan adalah menu berisi data-data hasil pemeriksaan & perawatan pasien. Klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

 

Pada menu ini terdapat 2 (dua) opsi yang perlu diperhatikan, yaitu:

A. Review/Detail Perawatan : berfungsi untuk mengedit kembali data pemeriksaan pasien  atau mungkin ada treatment/resep lain yang ingin ditambahkan,
B. Cek Bahan : untuk melihat/mengedit bahan habis pakai (kabin) yang digunakan untuk treatment tersebut.

Segala yang ada di dalam menu Data Perawatan dapat diedit dan disimpan jika transaksi belum keluar invoice/kwitansi (selesai di proses pembayaran kasir). Namun, jika transaksi sudah selesai dan keluar invoice/kwitansi, maka edit dan tambah tindakan/bahan TIDAK bisa dilakukan, yang bisa dilakukan HANYA menambah hasil pemeriksaan.

 


4. KONSULTASI ONLINE

Fitur menu konsultasi online digunakan untuk menerima konsultasi pasien dari klinik dengan dokter klinik, hanya melalui aplikasi Mobile App Android atau IOS.

Kosultasi Video.

Keterangan :

  1. Setting waktu tangal konsultasi.
  2. Cari nama pasien.
  3. Pilih nama dokter.
  4. Tombol video konsul selesai.
  5. Tombol mulai masuk room.

Dari keterangan no urut 5 gambar di bawah ini, langkah2 masuk ke room tampilan konsultasi dengan dokter berikut untuk cara-caranya.

Langkah pertama silakan isi di kolom yang kami tandai ini dengan nama dokter sendiri.

Langkah kedua dokter harap bersiap ketika ada pasien yang ingin melakukan konsultasi dengan dokter berlangsung secara online.

Langkah ketiga jika konsultasi dokter dengan pasien sudah selesai, bisa mengakhiri dengan tombol yang kami tunjuk pada gambar di bawah ini.

Data Konsultasi Online.

Pada gambar di atas data pesan chat dari aplikasi Mobile App klinik, yang akan tampil di menu konsultasi online->data konsultasi online kemudian di baca oleh dokter klinik, tujuannya agar pasien lebih di mudahkan lewat fitur chat di sini untuk kasih saran dari dokter klinik dengan klik tombol update jawaban.

One thought on “Tutorial Menu Perawatan “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.