Tutorial Data Dokter/Beautician, Data Pasien dan Data Supplier “Klinik Kecantikan”

DATA DOKTER/BEAUTICIAN

Menu Data Dokter/Beautician adalah menu yang menampung data nama-nama dokter dan beautician yang bertugas di klinik tersebut, sekaligus daftar masing-masing fee dari setiap dokter dan beautician. Untuk cek menu tersebut, klik menu Administrasi > Data Dokter/Beautician.

 

A. Entry Data Dokter/Beautician
Form yang berfungsi untuk menginput identitas dokter/beautician yang bertugas di klinik yang bersangkutan. Penginputan data meliputi jabatan, kode, nama, alamat, no.telp dokter/beautician dan level. Kolom kode akan terisi otomatis sesuai urutan yang ada dan tiap-tiap dokter/beautician tidak akan memiliki kode yang sama.

 

B. Edit Data Dokter/Beautician
Form yang berfungsi untuk mengedit/mengubah data dokter/beautician apabila dibutuhkan perubahan. Klik menu Administrasi > Data Dokter/Beautician > Proses > Edit Karyawan.

 

C. Jadwal Dokter
Pada fitur ini Anda dapat menginput/entry jadwal dokter ke dalam system ICONIX. Selain itu juga dapat mencetak jadwal dokter yang telah diinput dan setting koneksi akun ke masing-masing dokter , caranya sebagai berikut :

1. Klik menu Administrasi > Data Dokter/Beautician.

2. Cari Nama Dokter > Proses > Jadwal Dokter.

3. Pada halaman ini, silahkan tentukan hari dan jam dokter dengan men-ceklis kolom hari serta mengisi jam dokter.

4. Kemudian klik tombol Proses Simpan agar jadwal dokter yang telah di input dapat tersimpan.

Jika Anda ingin menghapus jadwal dokter yang telah ditentukan, maka klik tombol Hapus Jadwal seperti berikut ini :

 

 

 

Sedangkan untuk melihat dan print/cetak jadwal dokter yang telah diinput, klik menu Administrasi > Data Dokter/Beautician > Lihat Jadwal Dokter.

Klik tombol Cetak Jadwal untuk mem-print nya.

 

 

 

 

 


 

DATA PASIEN  & NON-PASIEN

1. Data Pasien

Menu Data Pasien adalah menu yang menampung data identitas para pasien yang terdaftar di klinik yang bersangkutan. Klik menu Administrasi > Data Pasien & Non – Pasien > Data Pasien.

 

 

Pada halaman data pasien, terdapat beberapa tombol fungsi seperti gambar di atas, berikut penjelasannya:

Untuk No. RM yang diawali dengan huruf A adalah menandakan kode PUSAT, sedangkan apabila diawali dengan huruf B, C atau lainnya dan seterusnya adalah kode CABANG. Perlu diingat, edit dan hapus data pasien tidak dapat dilakukan kecuali oleh cabang dimana pasien tersebut mendaftar pertama kali.

a. Import Data, jika Anda telah memiliki data pasien dalam format Excel, maka Anda dapat memasukkan data tersebut ke dalam program ini sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan “entry” data satu per satu. Klik menu Administrasi > Data Pasien > Import Data > Pilih File (Excel) > Import Pasien. Terdapat juga opsi “Hapus Data Pasien yang sudah ada di Database?” , apabila Anda pilih YA maka data pasien yang ada di database akan terhapus secara permanen. Namun apabila Anda pilih TIDAK, maka data pasien yang lama akan tetap tersimpan di dalam database.

 

 

b. Export Data, fitur yang berfungsi untuk men-download data pasien yang ada di dalam program. Saat diekspor, data pasien akan dengan otomatis berformatkan Excel.

c. Riwayat Pasien, untuk melihat riwayat perawatan pasien secara keseluruhan, baik perawatan reguler, perawatan paket maupun pembelian obat secara langsung.

d. Riwayat Paket, khusus untuk melihat riwayat perawatan paket apa saja yang pasien jalani.

e. Masuk ke Antrian, berfungsi untuk memasukkan pasien ke dalam daftar antrian perawatan secara otomatis tanpa harus input manual di menu Resepsionis.

d. Edit Pasien, berfungsi sebagai form edit/ubah data pasien apabila dibutuhkan.

e. Cetak ID Card, berfungsi untuk mencetak ID Card/kartu pasien yang sudah terdaftar.

f. Hapus Pasien, untuk menghapus data pasien sesuai pilihan.

 

 

2. Data Non-Pasien

Tersedia menu baru khusus bagi Non-Pasien yang terpisah dari menu Data Pasien. Non-Pasien sendiri artinya adalah user yang mendaftarkan diri lewat Mobile App, namun statusnya belum terdaftar menjadi pasien.

User Non-Pasien yang mendaftarkan diri melalui Mobile App, maka datanya akan tersimpan juga ke dalam system. Cara untuk melihatnya adalah sebagai berikut :

a. Klik menu Administrasi > Data Pasien & Non-Pasien > Data Non-Pasien.

b. Berikut ini adalah tampilan data Non-Pasien.

c. Anda dapat mengubah Non-Pasien menjadi Pasien dengan cara klik Proses > Pindah ke Data Pasien, maka data tersebut akan dipindahkan ke dalam menu Data Pasien.

d. Anda juga dapat menghapus data Non-Pasien dengan cara klik Proses > Hapus Data.

 

 

3. Peta Sebaran Pasien

Fitur ini berisi peta data lokasi para pasien-pasien klinik. Dari data ini Anda dapat mengetahui pasien dari daerah/lokasi mana saja yang banyak terdaftar dan juga lokasi/daerah mana saja yang masih jarang atau kosong, sehingga perlu promosi yang lebih di daerah/lokasi tersebut. Untuk dapat menggunakan fitur ini, ikuti langkah berikut :

a. Klik menu Administrasi > Data Pasien & Non-Pasien > Peta Sebaran Pasien

Menu Peta Sebaran Pasien hanya bisa diakses oleh user Administrator.

 

 

4. Pasien Reseller

Pada fitur ini anda dapat menginput pasien reseller untuk penjualan produk bebas/langsung. Anda juga dapat menentukan diskon bagi reseller serta fee yang didapatkan apabila telah menjadi reseller top dan memiliki downline. Satu reseller top dapat memiliki banyak downline, namun reseller downline tidak dapat memiliki downline lagi.

 

1. Cara Setup Diskon dan Fee untuk Reseller

a. Klik menu Administrasi > Setting Umum > Setup Cabang
b. Bisa ditentukan diskon dan fee reseller pada saat input data cabang


c. Atau bisa juga ditentukan diskon dan fee-nya melalui opsi edit cabang apabila data cabangnya sudah diinput. Lihat data cabang, klik Proses > Edit Cabang


d. Jumlah diskon yang telah ditentukan di menu setup cabang ini nantinya akan menjadi nilai potongan harga bagi reseller di kasir penjualan langsung produk/obat
e. Reseller akan mendapatkan fee dari setiap transaksi penjualan langsung obat/produk yang dilakukan oleh downline-nya. Dan besarnya fee yang didapat adalah sesuai dengan nilai fee yang diinput di menu setup cabang

 

2. Cara Menginput Reseller/Downline

a. Jika data pasien reseller/downline belum terdaftar di sistem, maka dapat diinput melalui menu Resepsionis > Pendaftaran Pasien Baru


b. Jika data pasien sudah terdaftar di sistem, maka input nomor reseller di menu Administrasi > Data Pasien & Non-Pasien > Data Pasien > Cari nama pasien > Proses > Edit Pasien

 

3. Laporan Reseller

Untuk laporan daftar pasien reseller, laporan penjualan langsung/bebas oleh reseller dan laporan fee top reseller dapat dicek di menu Laporan Klinik > Laporan Obat/Bahan/Produk

 

 

 

 

 


 

DATA SUPPLIER

Data supplier adalah data nama-nama perusahaan yang menyediakan obat/produk/bahan untuk klinik. Data ini dibutuhkan saat pengisian faktur pembelian obat serta laporan bulanan pengadaan obat/produk/bahan.

 

 

a. Entry Data Supplier
Untuk input data supplier, klik menu Administrasi > Data Supplier > Entry Data, kemudian akan muncul form seperti di bawah ini:

 

 

Isi semua kolom dengan data yang ingin dimasukkan. Setelah selesai, klik TAMBAHKAN.

 

b. Edit dan Hapus Supplier
Untuk mengubah atau menghapus data supplier, klik menu Administrasi > Data Supplier > Proses > Edit/Hapus. berikut form edit supplier:

 

 

Semua data supplier dapat diubah kecuali kode supplier. Setelah Anda selesai melakukan edit data supplier, klik UPDATE untuk menyimpan data yang telah diubah. Dan apabila Anda ingin menghapus data, Klik HAPUS maka data akan berhasil terhapus.

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Data Dokter/Beautician, Data Pasien dan Data Supplier “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.