Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Kecantikan”

RESEPSIONIS

Menu Resepsionis adalah menu pendaftaran pasien yang akan menjalani perawatan dokter. Setiap transaksi di klinik harus melalui Resepsionis (kecuali penjualan obat langsung).

 

 

Di dalam menu Resepsionis terdapat 3 (tiga) sub menu, yaitu:

  1. Pendaftaran Pasien,
  2. Kunjungan Baru,
  3. Appointment Pasien.

 

 


 

1. PENDAFTARAN PASIEN

Menu Pendaftaran Pasien berfungsi untuk mendaftarkan setiap pengunjung baru yang ingin menjadi pasien di klinik yang bersangkutan. Untuk masuk ke form pendaftaran pasien, maka klik menu Resepsionis > Pendaftaran Pasien. Tampilannya seperti di bawah ini:

 

 

Terdapat banyak kolom untuk input data pasien baru, tetapi hanya beberapa saja yang wajib diisi (kotak warna merah adalah kolom yang wajib diisi). Anda juga dapat ambil foto/upload foto pasien pada form ini, namun foto pasien disini bukanlah foto untuk perawatan, melainkan foto pelengkap identitas pasien. Bagian lainnya yang juga harus diisi adalah kolom no. telp dan email, yang dapat berguna untuk fitur notifikasi otomatis melalui SMS, Email ataupun WhatsApp.

 

 


 

 

2. KUNJUNGAN BARU

Menu Kunjungan Baru adalah bagian paling utama dari proses pelayanan perawatan dan antrian pasien. Klik Resepsionis > Kunjungan Baru.

 

 

Keterangan:

1. Tombol hijau “Pendaftaran Pasien Baru” berfungsi untuk kembali ke menu Pendaftaran Pasien apabila pengunjung belum terdaftar sebagai pasien.

2. Jika pasien sudah terdaftar, maka cukup input minimal 2 (dua) karakter pertama dari nama pasien pada kolom cari pasien.

3. Input nama dokter jika memang ada (kosonngkan jika tidak ada).

4. Klik PROSES KE ANTRIAN, maka pasien akan masuk ke daftar antrian perawatan seperti dibawah ini:

 

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam daftar antrian:

a. Klik opsi Masuk (untuk masuk ke Ruang Perawatan),

b. Klik opsi Foto via Webcam (untuk ambil foto pasien via PC sebelum ke ruang perawatan) atau klik opsi Foto via Smartphone (untuk ambil foto pasien via aplikasi Smartphone sebelum ke ruang perawatan),

c. Klik opsi Batal (untuk membatalkan antrian pasien ke ruang perawatan).

 

Pada daftar antrian pasien juga terdapat 4 (empat) kolom yang berbeda, yaitu:

  1. Daftar Antrian Hari Ini : untuk pasien yang melakukan perawatan pada hari ini  dan waktunya diatas 30 menit (termasuk juga dari antrian appoinment).
  2. Jadwal Besok (Non-Paket) : untuk pasien yang akan melakukan perawatan esok hari.
  3. Appointment Pasien (Non-Paket) : untuk pasien yang sudah memiliki janji perawatan pada 2 (dua) hari berikutnya atau setelahnya.
  4. Appointment Pasien (Khusus Paket) : untuk pasien khusus PAKET yang sudah memiliki janji perawatan berikutnya.

 


 

 

3. APPOINTMENT PASIEN

Menu Appointment Pasien memiliki fungsi untuk mempermudah dalam penjadwalan perawatan pasien.

Pada menu ini terdapat bulan dan tahun yang ditambahkan dan disesuaikan dengan nama dokter yang sudah ada janji sebelumnya dengan pasien.

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.