Tutorial Menu Setting Umum “Klinik Gigi”

SETTING UMUM 

Dibawah ini adalah tampilan pertama pada menu Setting Umum, dimana setup pada menu ini berpengaruh langsung terhadap sistem. Diantaranya Identitas Klinik, Setup Cabang, Marketing, Laporan serta yang berhubungan dengan Mobile Apps Android.

 

 

Pada menu ini terdapat 9 (sembilan) sub menu lainnya, yakni:

  1. Identitas Klinik,
  2. Email Marketing,
  3. SMS Marketing,
  4. Email Laporan Harian,
  5. Setup SMS Gateaway,
  6. Setup Bank,
  7. Setup Cabang,
  8. Setup Mobile Apps.

 

 

 

 


1. Identitas Klinik

Untuk men-setting Identitas Klinik, klik menu Administrasi > Setting Umum > Identitas Klinik. Maka akan tampil form isian sebagai berikut:

 

 

Keterangan:

1. Input Nama Klinik,
2. Input Alamat Klinik,
3. Pilih jenis ukuran kertas print yang digunakan,
4. Ceklis jika detil resep obat akan di sembunyikan dari kwitansi pembayaran,
5. Upload logo,
6. Versi sistem,
7. Tentukan waktu auto logout (yaitu jika sistem tidak dijalankan selama waktu yang ditentukan, maka sistem akan logout secara otomatis),
8. Klik Proses & Simpan.

 

 

 

 

 


2. Email Marketing

Menu yang berfungsi mengirim notifikasi secara otomatis melalui email. Fitur email marketing ini dapat mengirim notifikasi secara langsung kepada semua pasien atau dapat juga mengirim notifikasi sesuai kategori dan penjadwalan pasien.

Untuk mengakses fitur tersebut, klik Menu Administrasi > Setting Umum > Email Marketing.

Tampilan form Template Email:

 

Keterangan:

1. Input judul template email,
2. Input template yang akan di kirim, dapat berupa teks maupun gambar.

 

Pada template email yang sudah diset ada beberapa tombol fungsi diantaranya:
1. Set otomatis,
2. Edit template email,
3. Hapus template email.

 

Pengiriman notifikasi juga dapat diset otomatis pada saat form pendaftaran pasien diceklis dengan menyesuaikan jenis kategori yang ada.

 

Pada saat ulang tahun, maka pasien akan menerima email notifikasi secara otomatis. Untuk template otomatis promo, menyesuaikan pada saat pembuatan data promo terbaru sehingga akan mengirim email notifikasi secara otomatis ke semua pasien.

 

 

Berikut proses pengiriman email marketing:

 

Keterangan :

1. Untuk nama pengirim dan email pengirim, keduanya didapat dari Setup Email Laporan Harian,
2. Tentukan tanggal pengiriman,
3. Input subjek email,
4. Pilih template email,
5. Pilih pasien dari cabang mana yang akan dikirimi email,
6. Pilih kategori pasien penerima. Penerima sesuai dengan data pasien yang ada di setiap cabang, yakni berdasarkan agama, range umur dan kota, kemudian klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengirimian.
7. Klik Tombol Jadwalkan Pengiriman,
8. Jika ingin mencoba pengiriman hanya ke satu alamat email, input alamat penerima pada kolom Test Kirim Email.

 

 

 

 


3. SMS Marketing

Menu ini berfungsi untuk mengirim notifikasi melalui SMS tanpa menggunakan template pesan, serta dapat mengirim sesuai kategori dan penjadwalan pasien.

 

Keterangan:

1. Tentukan tanggal pengiriman notifikasi,
2. Isi pesan SMS,
3. Pilih cabang yang akan dikirimi notifikasi SMS. Pengiriman SMS sesuai dengan data pasien yang ada di setiap cabang,
4. Tentukan kategori pasien penerima,
5. Klik proses Jadwalkan Pengiriman.

 

 

 

 


4. Email Laporan Harian

Pada bagian setup email ini, fungsinya adalah sebagai laporan rekapitulasi total pendapatan per hari sesuai dengan pengaturan backup otomatis untuk waktu yang ditentukan. Laporan secara otomatis akan masuk ke email yang sudah terdaftar.

 

Tentukan waktu/jam pengiriman laporan otomatis, kemudian masukan data nama dan email penerima pada kotak yang disediakan. Selanjutnya klik tombol TAMBAHKAN. Untuk melihat data email yang sudah didaftarkan, maka buka tab Tabel Data Penerima Email.

 

 

 

 


5. Setup SMS Gateaway

Menu ini berfungsi untuk mengirim notifikasi SMS seperti Appointment, Ulang Tahun Pasien dan Promo. Untuk aktivasinya, Anda harus membeli token SMS gateway terlebih dahulu.

Tampilan halaman Setup SMS gateway :

 

API key akan didapat jika sudah dilakukan aktivasi/membeli token untuk SMS gateway. Selanjutnya bisa ditentukan/diisi sesuai kebutuhkan klinik seperti pemberitahuan ulang tahun pasien, promo dan appointment, sehingga secara otomatis notifikasi akan terkirim ke nomor hp pasien yang sudah terdaftar pada saat pendaftaran pasien.

 

 

 

 

 


6. Setup Bank

Menu Setup bank memiliki fungsi untuk menambah jenis bank yang akan digunakan pada saat transaksi dan sudah terkoneksi juga dengan finance.

 

Masukan data nama bank dan saldo awal (saldo/kas yang dimiliki pada saat ini) yang disediakan, kemudian klik tombol TAMBAHKAN. Jika Anda ingin melihat, mengedir dan menghhapus bank yang telah terdaftar, klik Tab Tabel Data Bank seperti di bawah ini :

 

 

 

 

 


7. Setup Cabang

Untuk menambah jumlah cabang klinik, klik menu Administrasi > Setting Umum > Setup Cabang.

“Untuk menambah jumlah cabang, hanya dapat dilakukan sebanyak berapa jumlah yang dibeli ke Iconix”.

Untuk tampilan form setup cabang seperti di bawah ini:

 

 

 

 


8. Setup Mobile Apps

 

Setup Mobile App adalah menu yang berhubungan dengan sistem android, yaitu yang digunakan untuk set banner, sosial media, serta untuk setup store pada android.

 

 

 

A. Banner Slider

Keterangan :

  1. Terdapat 4 slider yang dapat di upload,
  2. Tombol yang digunakan untuk mengambil gambar banner pada PC Anda,
  3. Ceklis jika banner akan di tampilkan di mobile app atau sistem android,
  4. Simpan data jika sudah selesai.

 

 

B. Setup Social Media Klinik

Form input link sosial media klinik supaya dapat diakses langsung oleh pasien melalui sistem android.

 

 

C. Setup Store
Menu ini digunakan disistem android pada saat pasien melakukan transaksi pemesanan produk secara online. Pada menu ini juga dilakukan input lokasi klinik pengirim dan input jenis bank yang dimiliki oleh pihak klinik.

Tampilan form Input Data Pengirim:

Keterangan:

    1. Pilih tab Masukan Data Pengiriman,
    2. Pilih cabang klinik pengirim barang,
    3. Tentukan kabupaten/kota pengirim,
    4. Tentukan kecamatan pengirim,

 

Tampilan form Input Data Bank:

Keterangan:

  1. Pilih tab Masukan Data Bank, Pilih Cabang Klinik pengirim barang,
  2. Input jenis bank, no. rekening dan nama pemilik rekening bank,
  3. Klik Tambahkan Data, untuk proses simpan data.

 

 

D. Link & QR Code
Fitur ini berfungsi sebagai link download Mobile App serta scan QR Code Download.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Menu Setting Umum “Klinik Gigi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.