Prosedur Perawatan Pasien Paket “Klinik Gigi”

PROSEDUR PERAWATAN PASIEN PAKET

 

Prosedur perawatan reguler merupakan penjelasan tentang bagaimana alur yang harus dilalui oleh pasien dalam menjalani perawatan dengan jenis Paket Treatment. Apabila pasien belum terdaftar di dalam sistem Iconix, maka sebelum menjalani perawatan pasien diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di menu Resepsionis > Pendaftaran Baru. Dan apabila pasien telah terdaftar di sistem, maka langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

 

1. Klik menu Resepsionis > Kunjungan Baru.

 

 

2. Form entry data antrian pasien.

Keterangan :

a. Tentukan jadwal tanggal dan jam kunjungan perawatan,
b. Cari nama pasien,
c. Pilih dokter,
d. Klik Proses Ke Antrian.

 

 

3. Setelah mengisi form entry antrian, pasien akan masuk ke daftar antrian perawatan seperti di bawah ini :

Pada daftar antrian pasien juga terdapat 4 (empat) kolom yang berbeda, yaitu:

a. Daftar Antrian Hari Ini : untuk pasien yang melakukan perawatan pada hari ini (termasuk juga dari antrian appoinment) supaya segera masuk ke ruangan.
b. Jadwal Besok (Non-Paket) : untuk pasien yang akan melakukan perawatan esok hari.
c. Appointment Pasien (Non-Paket) : untuk pasien yang sudah memiliki janji perawatan pada 2 (dua) hari berikutnya atau setelahnya.
d. Appointment Pasien (Khusus Paket) : untuk pasien khusus PAKET yang sudah memiliki janji perawatan berikutnya.

 

 

4. Klik tombol Masuk ke Perawatan.

 

 

5. Selanjutnya pasien akan dipindahkan ke menu Perawatan Baru, klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

 

6. Cari nama pasien di daftar antrian perawatan baru.

 

 

7. Klik tombol Tambah Paket.

 

 

8. Mengisi form input paket treatment.

 

Keterangan :

a. Input nama paket treatment yang dibutuhkan pasien,
b. Jangan lupa klik tombol (+) agar paket treatment dapat terproses oleh sistem,
c. Klik Tambah Paket untuk menyimpan.

 

 

9. Kembali ke menu Perawatan Baru dan cari nama pasien paket.

 

 

10. Klik tombol Periksa Paket.

 

 

11. Pada form Entry Data Pemeriksaan, yang pertama harus diisi adalah Tab Data Pasien.

Keterangan :

a. Keterangan status kunjungan pasien paket,
b. Input tanggal dan kunjungan berikutnya (wajib diisi),
c. Ceklis apabila ingin pasien mendapat notifikasi mengenai kunjungan berikutnya,
d. Klik untuk lihat riwayat perawatan pasien,
e. Input kolom Alergi Obat, Masalah Kulit dan Catatan (jika diperlukan).

 

 

12. Selanjutnya, klik Tab Diagnosa & Resep Dokter (jika pasien perlu obat resep).

Keterangan :

a. Pilih dokter (jika dokter berubah dengan yang diawal diinput pada data kunjungan baru),
b. Input hasil pemeriksaan,
c. Input nama obat resep (jika berasal dari apotek),
d. Input jumlah obat resep, kemudian klik tombol biru agar obat tersimpan sebagai resep (jika tidak menggunakan iter/copy resep),
e. Klik tombol “Input Resep Dokter” (apabila obat resep menggunakan iter/copy resep).

 

 

13. Klik Tab Pemakaian Paket untuk menandai berapa dan apa saja tindakan yang telah dipakai dalam suatu paket treatment.

Keterangan :

a. Ceklis untuk menandai tindakan apa saja yang telah dipakai,
b. Input No. Gigi yang diberi tindakan,
c. Pilih perawat yang melakukan tindakan perawatan (jika ada).

 

 

14. Yang terakhir, klik Tab Tambah Tindakan. Tab ini wajib diisi apabila ada tindakan tambahan diluar treatment paket.

Keterangan :

a. Input No. Gigi,
b. Input nama tindakan tambahan,
c. Isi kolom diskon (jika ada),
d. Input Perawat (jika ada),
e. Jangan lupa klik tombol (+) agar tindakan yang diinput dapat terproses oleh sistem.

 

 

15. Scroll ke bawah jika ingin melakukan perubahan pada Odontogram pasien. Klik tombol Edit Odontogram.

 

 

16. Klik pada No. Gigi yang diberi tindakan. Selanjutnya pilih tindakan, kemudian klik tombol Simpan.

 

 

 

 

17. Klik Masukkan Data untuk menyimpan seluruh data perawatan pasien.

Setelah proses ini, maka pasien yang telah selesai menjalani perawatan dan seluruh data perawatan pasien yang telah diinput sebelumnya akan dipindahkan ke menu Data Perawatan. Untuk melihatnya klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

 

18. Apabila pasien tidak memiliki obat resep yang harus diambil, maka transaksi berlanjut ke menu Kasir Pembayaran. Namun apabila pasien memiliki obat resep yang harus diambil, maka transaksi berlanjut ke menu Depo/Apotek. Klik menu Depo/Apotek > Resep Dokter :

a. Tab Langsung dari Apotek : untuk menebus obat resep yang tidak menggunakan iter/copy resep,
b. Tab Langsung dari Dokter : untuk menebus obat resep yang menggunakan iter/copy resep.

 

 

 

19. Cari nama pasien yang obat resepnya ingin ditebus. Kemudian klik tombol hijau untuk masuk ke form transaksi obat resep

 

 

20. Pada form Transaksi Obat Resep (yang tidak menggunakan iter/copy resep), Anda tidak diminta untuk menginput ulang data obat resep pasien. Obat resep dokter tidak dapat diubah dan harus sama dengan saat pengisian data perawatan.

Klik MASUKKAN DATA untuk mengambil obat resep.

 

 

21. Setelah menebus obat di menu Depo/Apotek, transaksi pun berlanjut di kasir pembayaran. Klik menu Kasir Pembayaran > Pembayaran Perawatan. Pilih Tab Pembayaran Perawatan Paket.

 

 

22. Cari nama pasien yang harus melakukan pembayaran, kemudian klik tombol Bayar Perawatan.

 

 

23. Mengisi form pembayaran perawatan paket.

Keterangan :

a. Keterangan kunjungan perawatan,
b. Nama treatment paket yang diambil,
c. Nama tindakan yang ada di dalam treatment paket tersebut,
d. Nama tindakan tambahan diluar treatment paket,
e. Nama obat resep pasien,
f. Ceklis jika ingin bayar menggunakan deposit,
g. Metode pembayaran lainnya,
h. Input jumlah uang bayar apabila menggunakan pembayaran tunai,
h. Klik kolom Uang Kembalian agar nominal kembaliannya muncul,
i. Klik Masukkan Data untuk cetak struk.

 

 

24. Keluarnya struk/kwitansi adalah tanda bahwa transaksi telah selesai dan tidak ada data yang dapat diubah/diedit lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.