Tutorial Administrasi Setting Backup Database & User Beserta Hak Akses

Database

Pilih Menu Administrasi Database.

Menu backup database ini berguna untuk menyimpan database pada setiap data. Karena fitur ini memberikan kemudahan dalam membuat salinan atau backup database yang sudah tersimpan ke dalam harddisk. Ada dua cara penyimpanan backup database yaitu manual dan otomatis Di submenu Database ini terdapat submenu lagi didalamnya,

1. Backup Manual

Jika anda menginginkan system penyimpanan backup database secara manual, klik Administrasi -> Backup & Restore Database

 -> Backup Manual, maka akan muncul menu option sebagai berikut:

  1. Restore manual database

  1. Backup Otomatis Database

Setting terlebih dahulu untuk lokasi penyimpan dan waktu backup otomatis.

 

2. Kosongkan Data

Menu ini berfungsi untuk mengosongkan semua data yang ada di database aplikasi finance, pilih apa saja yang akan di kosongkan.

 

User & Hak Aksesnya

Pilih Menu Administrasi Hak Akses & Usernya.

Data–data user menjadi acuan bagi program untuk menentukan siapa saja yang dapat mengakses program serta menu apa saja yang dapat diakses oleh user tersebut. Untuk itu, sudah semestinya semua pemakai program (terdiri atas nama user, login dan password) harus didaftarkan terlebih dahulu, serta menentukan peran user dalam program. Untuk membuka data user klik menu Administrasi -> Data User & HakAksesnya, maka dilayar akan muncul form sebagai berikut:

Isikan pada Login, nama yang akan menggunakan komputer, masukkan Password, masukkan jenis pekerjaan atau pada bagian apa yang bersangkutan bekerja. Kemudian klik MASUKKAN. Maka nama tersebut akan langsung masuk dalam daftar pengguna yang berada di bawah menu isian.

Terdapat 2 bagian dalam daftar pengguna diantaranya :

  • Administrasi : Punya kewenangan mutlak, termasuk menentukan hak akses user dan punya wewenang mengubah atau menghapus.
  • Operator : Punya kewenangan dalam melakukan entry data, tetapi tidak dapat mengubah dan menghapus data

Data Pengguna

Terdapat 2 tombol fungsi, Edit dan Hapus Data

Untuk menghapus tinggal diklik icon merah untuk menghapus data pengguna yang ada di dalam tabel,

Kemudian untuk proses edit data, klik icon hijau maka akan tampil halaman seperti di bawah ini :

Tentukan bagian mana yang akan di edit beserta jika ada perubahan untuk hak akses buka sistem, maka tinggal di ceklis, jika semua telah selesai maka klik tombol hijau di pojok kanan bawah, Update Data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.