Tutorial Menu Perawatan “Klinik Kesehatan”

PERAWATAN

Menu Perawatan adalah menu yang menyediakan pelayanan perawatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Di dalam menu ini terdapat 2 (dua) sub menu, diantaranya:

  1. Perawatan Baru,
  2. Data Perawatan.

 


1. Perawatan Baru

Menu Perawatan Baru adalah menu yang menampung data antrian pasien sebelum memasuki ruang pemeriksaan/perawatan. Data antrian pasien yang ada pada menu ini berasal dari data antrian kunjungan baru. Klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

 

 

Terdapat 3 (tiga) opsi yang perlu diperhatikan pada gambar diatas, yaitu:

A. Riwayat : untuk melihat seluruh riwayat perawatan pasien pada kunjungan sebelumnya.
B. Periksa : untuk masuk ke inputan data pemeriksaan pasien (input diagnosa, tindakan dokter, obat resep, pemeriksaan lab, tanggal kunjungan berikutnya dll).
C. Batal : untuk membatalkan proses pemeriksaan/perawatan.

 

Di dalam form proses pemeriksaan pasien, terdapat 4 (empat) sub bagian, yaitu Pemeriksaan & Catatan Pasien, Resep Dokter, Pemeriksaan Lab & Radiologi dan Tindakan Dokter.

 

 

 

  • Sub Bagian Pemeriksaan & Catatan Pasien

Keterangan :

A. Pilih dokter, jika dokter berbeda dari saat input diawal antrian,
B. Input tanggal kunjungan berikutnya bagi pasien,
C. Cek tanda tangan dokter ketika sudah di upload tanda tangan digital,
D. Lihat foto sebelum tindakan,
E. Upload foto dari PC/Laptop
F. Ambil dari kamera smartphone
G. Input hasil pemeriksaan
H. Input hasil pemeriksaan

  • Sub Bagian Resep Dokter

 

Keterangan :

A. Input obat resep,
B. Jangan lupa klik tombol (+) agar obat resep dapat diproses,
C. Klik Simpan Resep untuk menyimpan.

 

  • Sub Bagian Pemeriksaan Lab & Radiologi

Keterangan :

  1. Klik tombol hitam (simbol buku) pada kolom tindakan lab & radiologi untuk memilih referensi tindakan yang akan diinput,
  2. Jangan lupa klik (+) agar data tindakan pemeriksaan lab & radiologi dapat terproses.
  •    Sub Bagian Upload Informed Concent 

 

  • Sub Bagian Tindakan Dokter

 

Keterangan :

  1. Pada kolom Tindakan ada 2 (dua) cara pengisian yakni, ketikkan (minimal) 2 karakter dari Nama Tindakan, maka system akan menampilkan daftar nama-nama tindakan yang sesuai. Kemudian klik salah satu dari tindakan tersebut sesuai dengan kebutuhan pasien (lihat garis merah poin A). Sedangkan untuk cara pengisian kedua, Anda bisa langung meng-klik icon buku yang juga akan menampilkan daftar nama-nama tindakan secara sekaligus (lihat garis merah poin B).
  2. Pada kolom Diagnosa dan Nurse pun cara pengisiannya sama halnya dengan kolom Tindakan, yakni dapat mengetikkan minimal 2 karakter dari Nama Diagnosa/Nurse (lihat garis merah poin A) atau dapat juga dengan mengklik icon buku (lihat garis merah poin B). *) Kolom diagnosa wajib diisi.
  3. Klik kolom Diskon untuk pengisian nominal diskon (bisa bernilai Rp atau %).
  4. Klik kolom [Rp/%] untuk menampilkan opsi satuan diskon (lihat garis merah poin D).
  5. Jangan lupa! Klik tombol (+) di sisi kanan agar item tindakan tersebut terproses.
  6. Ulangi langkah – langkah diatas (poin 1-5) apabila ada tindakan lain yang perlu ditambahkan (tidak ada batasan dalam jumlah tindakan dalam 1 kunjungan).
  7. Setelah semua item tindakan yang dijalani oleh pasien sudah terisi, maka klik tombol PROSES & SIMPAN DATA.

Selanjutnya proses berlanjut ke menu Kasir (apabila tidak ada isian Obat Resep pada kolom Resep Dokter) atau  proses berlanjut ke menu Depo/Apotek terlebih dulu sebelum menuju menu kasir (apabila ada isian Resep pada kolom Resep Dokter).

 

Catatan :

Apabila terjadi kesalahan input data perawatan/perlu melakukan penambahan dan pengeditan di dalam data perawatan, padahal sudah terlanjur klik tombol Proses & Simpan Data, maka solusinya adalah ke menu Perawatan -> Data Perawatan, lalu klik Review. Ubah apa yang perlu diubah, kemudian klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 


2. Data Perawatan

Menu Data Perawatan adalah menu berisi data-data pasien yang telah selesai menjalani perawatan/pemeriksaan. Klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

 

Pada menu ini terdapat 2 (dua) opsi yang perlu diperhatikan, yaitu:

A. Review/Detail Perawatan : berfungsi untuk mengedit kembali data pemeriksaan pasien yang telah menjalani perawatan, atau mungkin ada treatment lain yang ingin ditambahkan,
B. Cek Bahan : untuk melihat/mengedit bahan habis pakai (kabin) yang digunakan untuk treatment tersebut.

Segala yang ada di dalam menu Data Perawatan dapat diedit dan disimpan jika transaksi belum keluar invoice/kwitansi (selesai di proses pembayaran kasir). Namun, jika transaksi sudah selesai dan keluar invoice/kwitansi, maka edit dan tambah tindakan/bahan TIDAK bisa dilakukan, yang bisa dilakukan HANYA menambah hasil pemeriksaan.

3 thoughts on “Tutorial Menu Perawatan “Klinik Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.