Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Kesehatan”

RESEPSIONIS

 

Menu Resepsionis adalah menu pendaftaran pasien yang akan menjalani perawatan dokter. Setiap transaksi di klinik harus melalui Resepsionis (kecuali penjualan obat langsung).

 

 

Di dalam menu Resepsionis terdapat 3 (tiga) sub menu, yaitu:

  1. Pendaftaran Pasien,
  2. Kunjungan Baru,
  3. Appointment Pasien.

 

 

 

 

 


1. Pendaftaran Pasien Baru

Menu Pendaftaran Pasien berfungsi untuk mendaftarkan setiap pengunjung baru yang ingin menjadi pasien di klinik yang bersangkutan. Untuk masuk ke form pendaftaran pasien, maka klik menu Resepsionis > Pendaftaran Pasien. Tampilannya seperti di bawah ini:

 

 

Ada banyak kolom isian yang terdapat pada formulir pendaftaran pasien baru, tetapi yang wajib diisi hanya beberapa kolom saja (kotak merah adalah kolom yang wajib diisi). Jika pasien yang mendaftar hendak menggunakan BPJS/Asuransi, maka kolom Nama Asuransi dan No. Asuransi wajib diisi.

Sedangkan kolom upload foto yang ada pada formulir diatas, bukan foto untuk perawatan, namun hanya foto untuk pelengkap identitas pasien.

 

 

 


2. Kunjungan Baru

Menu Kunjungan Baru adalah bagian paling utama dari proses pelayanan perawatan dan antrian pasien. Menu ini berfungsi untuk meng-entry data antrian pasien, baik pasien umum maupun pasien asuransi/BPJS. Klik menu Resepsionis > Kunjungan Baru.

Form kunjungan baru pasien umum :

 

 

Form kunjungan baru pasien Asuransi/BPJS :

 

 

A. Cara Pengisian Form Kunjungan Baru Pasien Umum (NON BPJS)

 

 

Keterangan:

1. Tombol biru “Pendaftaran Pasien Baru” berfungsi untuk kembali ke menu Pendaftaran Pasien apabila pengunjung belum terdaftar sebagai pasien.
2. Jika pasien sudah terdaftar, maka cukup input minimal 2 (dua) karakter pertama dari nama pasien pada kolom cari pasien.
3. Pilih jenis poli.
4. Pilih nama dokter.
5. Klik TAMBAHKAN, maka pasien akan masuk ke daftar antrian pemeriksaan seperti dibawah ini:

 

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam daftar antrian:

a. Klik opsi Konsul (apabila pasien ingin melakukan konsultasi sebelum perawatan),
b. Klik opsi Perawatan (apabila pasien ingin langsung menjalani perawatan),
c. Klik opsi Batal (untuk membatalkan antrian pasien ke ruang perawatan).

 

B. Cara Pengisian Form Kunjungan Baru Pasien Asuransi/BPJS

Kolom yang ada pada formulir pendaftaran pasien BPJS wajib diisi semua. Jenis kartu dan nomor pencarian yang digunakan ada dua pilihan, yakni dapat menggunakan No kartu BPJS ataupun No KTP (NIK). Cara melakukan pengisian formulir kunjungan pasien BPJS adalah sebagai berikut:

a. Masukkan No. Kartu BPJS pasien di kolom No. Pencarian, lalu klik cari.

 

 

b. Setelah itu kolom-kolom yang lainnya akan terisi otomatis dengan data identitas pasien tersebut yang telah terdaftar di BPJS.

 

 

c. Langkah terakhir klik tombol TAMBAHKAN dan pasien pun berhasil terdaftar dalam antrian perawatan. Seperti gambar di bawah ini:

 

 

 


3. Appointment Pasien

Menu Appointment Pasien memiliki fungsi untuk mempermudah dalam penjadwalan perawatan pasien. Klik menu Resepsionis > Appoiintment Pasien.

 

Pada menu ini terdapat bulan dan tahun yang ditambahkan dan disesuaikan dengan nama dokter yang sudah ada janji sebelumnya dengan pasien.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.