Prosedur Perawatan Pasien Reguler “Klinik Kecantikan”

PROSEDUR PERAWATAN PASIEN REGULER 

Prosedur perawatan reguler merupakan penjelasan tentang bagaimana alur yang harus dilalui oleh pasien dalam menjalani perawatan reguler (Non-Paket). Apabila pasien belum terdaftar di dalam sistem ICONIX, maka sebelum menjalani perawatan pasien diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu di menu Resepsionis > Pendaftaran Baru. Dan apabila pasien telah terdaftar di sistem, maka langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

 

1. Klik menu Resepsionis > Kunjungan Baru.

 

2. Form entry data antrian pasien.

Keterangan :

a. Tentukan jadwal tanggal dan jam kunjungan perawatan,
b. Cari nama pasien,
c. Pilih dokter,
d. Klik Proses Ke Antrian,

NOTE : JIKA JAM KUNJUNGAN DI BAWAH 30 MENIT MAKA PASIEN LANGSUNG BERADA DI MENU PERAWATAN > PERAWATAN BARU DAN TIDAK MASUK KE  TAB ANTRIAN HARI INI (lihat poin no. 6) 

 

 

3. Setelah mengisi form entry antrian, pasien akan masuk ke daftar antrian perawatan seperti di bawah ini :

Pada daftar antrian pasien juga terdapat 4 (empat) kolom yang berbeda, yaitu:

a. Daftar Antrian Hari Ini : untuk pasien yang melakukan perawatan pada hari ini (termasuk juga dari antrian appoinment) supaya segera masuk ke ruangan.
b. Jadwal Besok (Non-Paket) : untuk pasien yang akan melakukan perawatan esok hari.
c. Appointment Pasien (Non-Paket) : untuk pasien yang sudah memiliki janji perawatan pada 2 (dua) hari berikutnya atau setelahnya.
d. Appointment Pasien (Khusus Paket) : untuk pasien khusus PAKET yang sudah memiliki janji perawatan berikutnya.

 

4. Klik Proses, kemudian klik Masuk Perawatan.

 

5. Akan muncul opsi upload foto sebelum perawatan seperti berikut ini :

Jika Anda ingin mengupload foto pasien, silahkan klik opsi Upload via Komputer/Smartphone. Namun apabila Anda tidak ingin mengupload foto, dapat langsung saja klik opsi MASUK.

 

6. Selanjutnya pasien akan dipindahkan ke menu Perawatan Baru, klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

7. Cari nama pasien di daftar antrian perawatan.

 

8. Klik Proses, kemudian klik Entry Treatment & Resep.

 

9. Pada form Entry Data Pemeriksaan, yang pertama harus diisi adalah Tab Data Pasien.

Keterangan :
a. Input tanggal dan kunjungan berikutnya (jika ada)
b. Ceklis apabila ingin pasien mendapat notifikasi mengenai kunjungan berikutnya
c. Klik untuk lihat riwayat perawatan pasien dan foto pasien sebelum perawatan
d. Klik untuk upload foto pasien sebelum menjalani treatment
e. Klik untuk upload foto pasien setelah menjalani treatment
f. Input kolom Alergi Obat, Masalah Kulit dan Catatan (jika diperlukan)

 

10. Selanjutnya, klik Tab Pemeriksaan & Resep Dokter (jika pasien perlu obat resep),

Keterangan :
a. Pilih dokter (jika dokter berbeda dengan pada saat di antrian)
b. Input hasil pemeriksaan
c. Input obat/produk resep
d. Klik untuk print resep

 

11. Klik Tab Tindakan Dokter, untuk input treatment apa saja yang dijalani oleh pasien.

Keterangan :
a. Input nama treatment,
b. Jangan lupa klik tombol (+) agar treatment dapat terproses oleh sistem.

 

12. Klik Masukkan Data untuk menyimpan seluruh data perawatan pasien.

Setelah proses ini, maka pasien yang telah selesai menjalani perawatan dan seluruh data perawatan pasien yang telah diinput sebelumnya akan dipindahkan ke menu Data Perawatan. Untuk melihatnya klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

11. Apabila pasien tidak memiliki obat resep yang harus ditebus, maka transaksi berlanjut ke menu Kasir Pembayaran. Namun apabila pasien memiliki obat resep yang harus ditebus, maka transaksi berlanjut ke menu Depo/Apotek. Klik menu Depo/Apotek > Resep Dokter :

Keterangan :
a. Klik Tab Langsung Dari Dokter

 

12. Cari nama pasien yang obat resepnya ingin ditebus. Kemudian klik tombol hijau untuk masuk ke form transaksi obat resep.

13. Pada form ambil resep ini, Anda dapat memastikan bahwa resep yang telah diinput sudah benar dan sesuai.

Keterangan :
a. Input nominal diskon untuk resep (jika ada). Nominal diskonyang ada disini hanya dalam satuan % saja.
b. Klik Masukkan Data untuk melanjutkan ke menu kasir pembayaran.

 

14. Yang terakhir, klik menu Kasir Pembayaran > Pembayaran Perawatan. Pilih Tab Pembayaran Perawatan Reguler.

 

15. Cari nama pasien yang harus melakukan pembayaran, kemudian klik tombol Bayar Perawatan.

 

16. Mengisi form pembayaran perawatan reguler.

Keterangan :
a. Nama treatment yang diambil pasien,
b. Nama obat resep yang diperoleh pasien,
c. Metode pembayaran,
d. Input nominal bayar (jika menggunakan metode tunai),
e. Klik kolom kembalian agar muncul jumlah uang kembaliannya,
f. Klik Proses Bayar untuk cetak struk.

 

17. Keluarnya struk/kwitansi adalah tanda bahwa transaksi telah selesai dan tidak ada data yang dapat diubah/diedit lagi.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.