Menu Marketing

Menu Marketing

Menu Marketing berfungsi sebagai alat atau media yang sangat membantu pihak klinik untuk membangun kedekatan dengan para pasien. Untuk mengaksesnya, klik menu Administrasi > Menu Marketing.

 

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalam Menu Marketing :

  1. Email Marketing
  2. Setup Mobile Apps
  3. WhatsApp (kirim manual)
  4. WhatsApp (kirim otomatis)
  5. Push Notification

 


1. Email Marketing

Email Marketing berfungsi mengirim notifikasi otomatis melalui email. Fitur ini dapat mengirim notifikasi secara langsung baik kepada seluruh pasien ataupun berdasarkan kategori dan penjadwalan pasien. Untuk mengaksesnya, klik Menu Administrasi > Menu Marketing > Email Marketing.

Tampilan form Input Template Email:

Keterangan :
1. Input judul template email
2. Input template yang akan di kirim, dapat berupa teks maupun gambar
3. Upload foto untuk mendapatkan image URL (opsional)
4. Klik tombol Tambahkan untuk menyimpan template yang sudah disetting

 

Pada template email yang sudah disetting ada beberapa tombol fungsi diantaranya:
1. Set otomatis
2. Edit template email
3. Hapus template email

 

Pengiriman notifikasi juga dapat disetting otomatis di menu Data Pasien atau pada saat pengisian form pendaftaran pasien dengan men-ceklis kolom notifikasi ulang tahun.

Maka pada saat hari ulang tahun, pasien akan menerima email ucapan selamat ulang tahun secara otomatis. Untuk template otomatis promo, menyesuaikan pada saat pembuatan data promo terbaru sehingga akan mengirim email notifikasi promo secara otomatis ke semua pasien.

 

Berikut proses pengiriman email marketing:

Keterangan :
1. Untuk nama pengirim dan email pengirim, keduanya didapat dari Setup Email Laporan Harian,
2. Tentukan tanggal jadwal pengiriman
3. Input subject pengiriman
4. Pilih template yang sudah dibuat sebelumnya sesuai dengan kebutuhan pihak klinik
5. Pilih pasien cabang mana yang akan dikirimkan email. Pengiriman email sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
6. Pilih kategori penerima email, bisa pasien atau non-pasien
7. Pilih kategori penerima email berdasarkan agama atau range umur (pilih salah satu) dan tanggal daftar (pilih tanggal awal sampai akhir)
8. klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengiriman

Jika ingin mencoba pengiriman hanya ke satu alamat email, silahkan uji coba kirim pada kolom di bawah ini:

 


2. Setup Mobile App

Setup Mobile App adalah menu yang berhubungan dengan pengaturan untuk aplikasi Android/iOS.

 

 

Banner Slider

Keterangan :
1. Terdapat 4 slider yang dapat di upload,
2. Tombol yang digunakan untuk mengambil gambar banner pada PC Anda,
3. Ceklis jika banner ingin di tampilkan di aplikasi Android/iOS
4. Simpan data jika sudah selesai

 

Setup Sosial Media Klinik

Form input link sosial media klinik supaya dapat diakses langsung oleh pengguna aplikasi Android/iOS.

 

 

 

Setup Store

Menu ini digunakan pada aplikasi Android/iOS pada saat pasien melakukan transaksi pemesanan produk secara online. Pada menu ini juga dilakukan input lokasi klinik pengirim dan input jenis bank yang dimiliki oleh pihak klinik.

Tampilan form Input Data Pengirim :

Keterangan:
1.  Pilih Lokasi Asal Pengiriman (klinik)
2. Pilih tab Masukan Data Pengiriman
3. Tentukan kabupaten/kota pengirim
4. Tentukan kecamatan pengirim
5. Klik Tambah/Ubah Kota Pengiriman untuk proses simpan data

 

Tampilan form Input Data Bank:Keterangan:
1. Pilih tab Masukan Data Bank Penerima Transfer
2. Input jenis bank, no. rekening dan nama pemilik rekening bank
3. Klik Tambahkan Data, untuk proses simpan data

 

Link & QR Code

Fitur ini berfungsi sebagai link download dan scan QR Code Download aplikasi Android/iOS.

Setup Menu,Kurir& No Whatsapp Layanan

Pada fitur ini Anda dapat bebas menentukan menu apa saja yang ingin ditampilkan ke dalam Mobile App baik bagi pasien maupun non-pasien.

1. Anda dapat menentukan penerimaan pendaftaran bagi non-pasien pengguna aplikasi Android/iOS. Ceklis, jika YA dan jangan diceklis jika TIDAK.

 

2.  Anda dapat menentukan harga & tarif dari cabang mana yang ingin dijadikan patokan di dalam aplikasi Android/iOS.

 

3.  Ceklis untuk pilih menu apa saja yang ingin ditampilkan di aplikasi Android/iOS bagi para pasien dan non-pasien.

 

Pada fitur ini Anda juga dapat memilih jenis kurir yang bekerjasama dengan klinik Anda (nantinya akan ditampilkan di Mobile App) serta Anda dapat menentukan biaya untuk COD/Antar.

1. Klik Tab Setting Kurir & Ongkir.


2. Pada halaman ini Anda dapat setup tarif baik secara flat maupun per KM.


3. Anda juga dapat menentukan berapa tarif akan diberlakukan (berdasarkan Flat maupun per KM).


4. Ceklis kurir yang Anda gunakan, kemudian klik Proses Simpan. Maka seluruh data yang Anda set di halaman ini akan berlaku pada Mobile App Anda.

4. Setting NO Whatsapp Layanan

centang bila 3 proses di bawah ini juga melewati Whatsapp. Lalu klik proses untuk menyimpan data tersebut.


5. Whatsapp (Kirim Manual)

Sama halnya dengan fitur SMS Marketing, fitur Whatsapp Blast berfungsi untuk mengirim notifikasi kepada pasien melalui media Whats App, bisa sesuai dengan kategori pasien yang telah tersedia. Klik menu Administrasi > Menu Marketing > WhatsApp (Kirim Manual). Untuk aktivasinya anda harus menyiapkan nomor WhatsApp baru khusus untuk blasting ke pasien nantinya. Kemudian kirimkan nomor WhatsApp tersebut ke ICONIX SUPPORT untuk dibantu pendaftarannya.

Setelah klinik mengkirim nomer WhatsApp, tahap selanjutnya cek bagian tombol hijau di atas harap melakukan scan QR dengan klik buka panel whatsapp

Jika sudah tampil Qr-code seperti gambar di atas di hp klinik buka aplikasi wa pada hp klinik pilih perangkat tertaut-> klik tautkan perangkat lalu bisa langsung scan Qr-code yang sudah di tampilkan.

Jika tampilan gambar sudah seperti yang di atas (authenticated) artinya sudah berhasil terhubung dengan hp klinik.

Keterangan :
1. File upload gambar (opsional).
2. Setting tanggal pengiriman notifikasi.
3. Pilih gambar yang telah diupload (opsional).
4. Tentukan isi pesan notifikasi Whatss App.
5. Pilih cabang mana yang akan dikirimi notifikasi Whats App. Pengiriman Whats App sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut.
6. Pilih kategori penerima WhatsApp, bisa pasien atau non-pasien.
7. Pilih kategori penerima WhatsApp berdasarkan agama, range, kota, atau bedasarkan tanggal daftar pasien
(pilih salah satu).
8. klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengiriman.

Jika ingin mencoba pengiriman hanya ke satu nomor WhatsApp, silahkan uji coba kirim pada kolom di bawah ini:

 

Untuk melihat Data Pesan WhatsApp yang telah dikirim, klik tab Data Pengiriman seperti dibawah ini :

 

Keterangan :
1. Tentukan periode tanggal pengiriman WhatsApp. Jika ingin melihat seluruh tanggal pengiriman dari awal hingga akhir maka ceklis opsi Semua Tanggal
2. Pilih jenis notifikasi WhatsApp
3. Klik Get Data untuk melihat berapa banyak WhatsApp yang sudah dikirim maupun belum dikirim

 


6. Whatsapp (Kirim Otomatis)

Menu ini berfungsi untuk setup template notifikasi WhatsApp otomatis seperti Appointment, Ulang Tahun Pasien, Promo dan Ucapan Terimakasih Sehabis Kunjungan. Untuk mengaksesnya klik menu Administrasi > Menu Marketing > WhatsApp (Kirim Otomatis).

Tampilan halaman Setup Whatsapp:

Masukkan nomer WhatsApp yang didaftarkan.

Khusus kotak merah pada foto di atas bisa kita setting agar pengiriman otomatis sesuai keinginan dari klinik agar kirim chat pesan wa marketing ke pasien sesuai kebutuhan klinik.

Selanjutnya kolom template pesan dapat ditentukan/diisi sesuai kebutuhkan pihak klinik. Kolom template yang tersedia diantaranya untuk ulang tahun pasien, promo, appointment dan ucapan sehabis kunjungan, sehingga secara otomatis notifikasi akan terkirim ke nomor WhatsApp pasien yang sudah terdaftar pada saat pendaftaran pasien.

Lalu untuk keterangan variabel bisa di input sesuai keinginan klinik, misal keterangan alamat klinik pusat/cabang ketik kode varibel *ALMT_CBG* di masing-masing kolom teks wa pegiriman otomatis.

NB: untuk aktivasi nomor WhatsApp pengirim, hanya dapat dilakukan oleh tim Iconix. Jadi apabila pihak klinik ingin menggunakan fitur ini, maka harus menghubungi pihak kami terlebih dulu.

 


7. Push Notification

Fitur ini berguna untuk mengirim notifikasi berupa pesan singkat ke ponsel pasien pengguna aplikasi Android/iOS dan hanya dapat digunakan oleh klinik yang memiliki fasilitas Mobile App untuk pasien. Berikut cara penggunaannya :

Tampilan form Setup Push Notification :

Keterangan:
1. Tentukan tanggal pengiriman
2. Input isi judul notifikasi
3. Input isi notifikasi
4. Pilih cabang mana yang akan dikirimi notifikasi. Pengiriman notifikasi sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
5. Tentukan kategori penerima
6. Klik tombol Kirim Sekarang, maka notifikasi akan langsung diterima oleh pasien pengguna aplikasi Android/iOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.