Menu Marketing

Menu Marketing

 

Menu Marketing berfungsi sebagai alat atau media yang sangat membantu pihak klinik untuk membangun kedekatan dengan para pasien. Untuk mengaksesnya, klik menu Administrasi > Menu Marketing.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalam Menu Marketing :

  1. Email Marketing
  2. Setup Mobile Apps
  3. SMS (kirim manual)
  4. SMS (kirim otomatis)
  5. WhatsApp (kirim manual)
  6. WhatsApp (kirim otomatis)
  7. Push Notification

 

 

 

 


1. Email Marketing

Email Marketing berfungsi mengirim notifikasi otomatis melalui email. Fitur ini dapat mengirim notifikasi secara langsung baik kepada seluruh pasien ataupun berdasarkan kategori dan penjadwalan pasien. Untuk mengakses, klik Menu Administrasi > Menu Marketing > Email Marketing.

Tampilan form Input Template Email:

Keterangan :
1. Input judul template email
2. Input template yang akan di kirim, dapat berupa teks maupun gambar
3. Upload foto untuk mendapatkan image URL (opsional)
4. Klik tombol Tambahkan untuk menyimpan template yang sudah disetting

 

Pada template email yang sudah disetting ada beberapa tombol fungsi diantaranya:
1. Set otomatis
2. Edit template email
3. Hapus template email

 

Pengiriman notifikasi juga dapat disetting otomatis di menu Data Pasien atau pada saat pengisian form pendaftaran pasien dengan men-ceklis kolom notifikasi ulang tahun.

Maka pada saat hari ulang tahun, pasien akan menerima email ucapan selamat ulang tahun secara otomatis. Untuk template otomatis promo, menyesuaikan pada saat pembuatan data promo terbaru sehingga akan mengirim email notifikasi promo secara otomatis ke semua pasien.

 

Berikut proses pengiriman email marketing:

Keterangan :
1. Untuk nama pengirim dan email pengirim, keduanya didapat dari Setup Email Laporan Harian,
2. Tentukan tanggal jadwal pengiriman
3. Input subject pengiriman
4. Pilih template yang sudah dibuat sebelumnya sesuai dengan kebutuhan pihak klinik
5. Pilih pasien cabang mana yang akan dikirimkan email. Pengiriman email sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
6. Pilih kategori penerima email, bisa pasien atau non-pasien
7. Pilih kategori penerima email berdasarkan agama atau range umur (pilih salah satu)
8. klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengiriman

Jika ingin mencoba pengiriman hanya ke satu alamat email, silahkan uji coba kirim pada kolom di bawah ini:

 

 

 

 

 


2. Setup Mobile App

Setup Mobile App adalah menu yang berhubungan dengan pengaturan untuk aplikasi Android/iOS.

 

 

  • Banner Slider

Keterangan :
1. Terdapat 4 slider yang dapat di upload,
2. Tombol yang digunakan untuk mengambil gambar banner pada PC Anda,
3. Ceklis jika banner ingin di tampilkan di aplikasi Android/iOS
4. Simpan data jika sudah selesai

 

 

 

  • Setup Sosial Media Klinik

Form input link sosial media klinik supaya dapat diakses langsung oleh pengguna aplikasi Android/iOS.

 

 

 

  • Setup Store

Menu ini digunakan pada aplikasi Android/iOS pada saat pasien melakukan transaksi pemesanan produk secara online. Pada menu ini juga dilakukan input lokasi klinik pengirim dan input jenis bank yang dimiliki oleh pihak klinik.

Tampilan form Input Data Pengirim :

Keterangan:
1. Pilih tab Masukan Data Pengiriman
2. Pilih cabang klinik pengirim barang
3. Tentukan kabupaten/kota pengirim
4. Tentukan kecamatan pengirim
5. Klik Tambahkan untuk proses simpan data

 

Tampilan form Input Data Bank:Keterangan:
1. Pilih tab Masukan Data Bank
2. Input jenis bank, no. rekening dan nama pemilik rekening bank
3. Klik Tambahkan Data, untuk proses simpan data

 

 

 

 

  • Link & QR Code

Fitur ini berfungsi sebagai link download dan scan QR Code Download aplikasi Android/iOS.

 

 

 

  • Setup Menu & Kurir

Pada fitur ini Anda dapat bebas menentukan menu apa saja yang ingin ditampilkan ke dalam Mobile App baik bagi pasien maupun non-pasien.

1. Anda dapat menentukan penerimaan pendaftaran bagi non-pasien pengguna aplikasi Android/iOS. Ceklis, jika YA dan jangan diceklis jika TIDAK.

 

2.  Anda dapat menentukan harga & tarif dari cabang mana yang ingin dijadikan patokan di dalam aplikasi Android/iOS.

 

3.  Ceklis untuk pilih menu apa saja yang ingin ditampilkan di aplikasi Android/iOS bagi para pasien dan non-pasien.

 

Pada fitur ini Anda juga dapat memilih jenis kurir yang bekerjasama dengan klinik Anda (nantinya akan ditampilkan di Mobile App) serta Anda dapat menentukan biaya untuk COD/Antar.

1. Klik Tab Setting Kurir & Ongkir.


2. Pada halaman ini Anda dapat setup tarif baik secara flat maupun per KM.


3. Anda juga dapat menentukan berapa tarif akan diberlakukan (berdasarkan Flat maupun per KM).


4. Ceklis kurir yang Anda gunakan, kemudian klik Proses Simpan. Maka seluruh data yang Anda set di halaman ini akan berlaku pada Mobile App Anda.


 

 

 

 

 


3. SMS (Kirim Manual)

Menu ini berfungsi untuk mengirim notifikasi melalui SMS tanpa menggunakan template pesan (isi pesan bebas sesuai kebutuhan pengirim), serta dapat mengirim sesuai kategori dan penjadwalan pasien.


Keterangan :
1. Tentukan tanggal pengiriman notifikasi
2. Tentukan isi pesan SMS
3. Pilih cabang mana yang akan dikirimi notifikasi SMS. Pengiriman SMS sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
4. Pilih kategori penerima SMS, bisa pasien atau non-pasien
5. Pilih kategori penerima SMS berdasarkan agama, range umur, atau kota (pilih salah satu)
6. klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengiriman

Untuk melihat Data SMS yang telah dikirim, klik tombol Data Kirim SMS seperti dibawah ini :

 

Keterangan :
1. Tentukan periode tanggal pengiriman SMS. Jika ingin melihat seluruh tanggal pengiriman dari awal hingga akhir maka ceklis opsi Semua Tanggal,
2. Pilih urutkan untuk melihat status pengiriman SMS dan pilih jenis notifikasi SMS,
3. Klik Get Data untuk melihat berapa banyak SMS yang sudah dikirim maupun belum dikirim.

 

Pada bagian ini, Anda dapat juga melakukan penghapusan data SMS yang sudah terkirim.

 

 

 


4. SMS (Kirim Otomatis)

Menu ini berfungsi untuk setup notifikasi SMS seperti Appointment, Ulang Tahun Pasien, Promo dan Ucapan Terimakasih Sehabis Kunjungan. Untuk aktivasinya Anda harus membeli token SMS gateway terlebih dahulu.

 

Tampilan halaman Setup SMS gateway :API key akan didapat jika sudah dilakukan aktivasi/membeli token untuk SMS gateway. Selanjutnya template bisa ditentukan/diisi sesuai kebutuhan klinik seperti pemberitahuan ulang tahun pasien, promo, appointment dan ucapan terimakasih sehabis kunjungan, sehingga secara otomatis notifikasi akan terkirim ke nomor hp pasien yang sudah terdaftar pada saat pendaftaran pasien.

 

 

 

 


5. Whatsapp (Kirim Manual)

Sama halnya dengan fitur SMS Marketing, fitur Whatsapp Blast berfungsi untuk mengirim notifikasi kepada pasien melalui media Whats App (tanpa menggunakan template pesan) sesuai dengan kategori dan penjadwalan pasien.

Keterangan :
1. File upload gambar (opsional)
2. Setting tanggal pengiriman notifikasi
3. Pilih gambar yang telah diupload (opsional)
4. Tentukan isi pesan notifikasi Whatss App
5. Pilih cabang mana yang akan dikirimi notifikasi Whats App. Pengiriman Whats App sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
6. Pilih kategori penerima WhatsApp, bisa pasien atau non-pasien
7. Pilih kategori penerima WhatsApp berdasarkan agama, range umur atau kota (pilih salah satu)
8. klik tombol Jadwalkan Pengiriman untuk proses pengiriman

 

Jika ingin mencoba pengiriman hanya ke satu nomor WhatsApp, silahkan uji coba kirim pada kolom di bawah ini:

 

Untuk melihat Data Pesan WhatsApp yang telah dikirim, klik tab Data Pengiriman seperti dibawah ini :

 

Keterangan :
1. Tentukan periode tanggal pengiriman WhatsApp. Jika ingin melihat seluruh tanggal pengiriman dari awal hingga akhir maka ceklis opsi Semua Tanggal
2. Pilih jenis notifikasi WhatsApp
3. Klik Get Data untuk melihat berapa banyak WhatsApp yang sudah dikirim maupun belum dikirim

 

 

 

 


6. Whatsapp (Kirim Otomatis)

Fitur ini berfungsi untuk menginput nomor WhatsApp yang akan digunakan sebagai nomor pengirim notifikasi nantinya, sekaligus mengirim notifikasi WhatsApp seperti Appointment, Ulang Tahun Pasien , Promo dan Ucapan Terimakasih Sehabis Kunjungan kepada pasien.

Tampilan halaman Setup Whatsapp:API key akan didapat apabila sudah melakukan aktivasi terhadap nomor WhatsApp yang didaftarkan. Selanjutnya kolom template pesan dapat ditentukan/diisi sesuai kebutuhkan pihak klinik. Kolom template yang tersedia diantaranya untuk ulang tahun pasien, promo, appointment dan ucapan sehabis kunjungan, sehingga secara otomatis notifikasi akan terkirim ke nomor WhatsApp pasien yang sudah terdaftar pada saat pendaftaran pasien.

NB: untuk aktivasi nomor WhatsApp pengirim, hanya dapat dilakukan oleh tim Iconix. Jadi apabila pihak klinik ingin menggunakan fitur ini, maka harus menghubungi pihak kami terlebih dulu.

 

 

 

 


7. Push Notification

Fitur ini berguna untuk mengirim notifikasi berupa pesan singkat ke ponsel pasien pengguna aplikasi Android/iOS.

Tampilan form Setup Push Notification :

Keterangan:
1. Tentukan tanggal pengiriman
2. Input isi judul notifikasi
3. Input isi notifikasi
4. Pilih cabang mana yang akan dikirimi notifikasi. Pengiriman notifikasi sesuai dengan data pasien yang ada di cabang tersebut
5. Tentukan kategori penerima
6. Klik tombol Kirim Sekarang, maka notifikasi akan langsung diterima oleh pasien pengguna aplikasi Android/iOS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.