Tutorial Menu Data Transaksi “Klinik Kecantikan”

DATA TRANSAKSI

Menu Data Transaksi adalah menu yang menampung seluruh riwayat transaksi mulai dari perawatan, obat resep sampai proses pencetakan struk/kwitansi. Pada menu ini Anda dapat melihat seluruh transaksi yang telah dilakukan.

 

 

Didalam menu ini terdapat 5 (lima) sub menu, yakni:

  1. Data Transaksi Perawatan Pasien,
  2. Data Transaksi Penjualan Produk,
  3. Data Transaksi Penjualan Resep,
  4. Data Transaksi Pembelian Obat,
  5. Data Transaksi Deposit/Member.

 

 


1. Data Transaksi Perawatan Pasien

Menu ini menampung seluruh data transaksi pasien yang terjadi pada proses perawatan. Untuk melihatnya klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Perawatan Pasien. Tampilan sebagai berikut:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 2 (dua) opsi, yakni Hapus dan Reprint. Hapus berfungsi untuk menghapus data transaksi pasien, sedangkan Reprint berfungsi untuk mencetak ulang kwitansi pasien.

 

 


2. Data Transaksi Penjualan Produk

Menu ini menampung seluruh data transaksi penjualan produk/obat yang dilakukan secara langsung tanpa perawatan. Untuk melihatnya klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Penjualan Produk. Tampilan sebagai berikut:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 2 (dua) opsi, yakni Hapus dan Reprint. Hapus berfungsi untuk menghapus data transaksi pasien, sedangkan Reprint berfungsi untuk mencetak ulang kwitansi pasien.

 

 


3. Data Transaksi Penjualan Resep

Menu ini berfungsi mencatat segala transaksi khusus obat resep. Untuk melihatnya klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Penjualan Resep. Tampilan sebagai berikut:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 3 (tiga) opsi, yakni:

A. Edit data : edit data resep dapat dilakukan apabila status transaksi pasien masih ada di kasir (belum cetak kwitansi) dan yang dapat melakukan pengubahan hanyalah user dengan jabatan administrator.

B. Reprint Data : cetak ulang kwitansi hasil penjualan resep.

C. Print Copy Resep : cetak ulang pengambilan copy resep.

D. Hapus Data : hapus data resep dapat dilakukan apabila status transaksi pasien belum selesai/belum cetak kwitansi. Dapat berfungsi untuk membatalkan obat resep. Dan yang dapat melakukan hapus data hanyalah user bagian administrator.

 

 


4. Data Transaksi Pembelian Obat

Menu ini menampung data transaksi pembelian obat/produk yang dilakukan oleh klinik kepada pihak supplier dan gudang. Untuk melihatnya klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Pembelian Obat. Tampilan sebagai berikut:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 3 (tiga) opsi, yakni:

A. Detil : untuk melihat detil daftar obat yang dibeli oleh klinik.

B. Bayar : menunjukkan status pembayaran obat yang dibeli. Status “Bayar”, artinya pihak klinik belum melakukan pembayaran. Sedangkan, apabila klinik sudah melakukan pembayaran obat/produk, maka cara konfirmasi pembayarannya adalah klik pada opsi Bayar, kemudian akan tampil informasi seperti di bawah ini:

 

Jika klik Proses Bayar, maka statusnya akan berubah menjadi “Sudah Bayar”.

C. Hapus : menghapus data transaksi pembelian obat.

 

 


5. Data Transaksi Deposit/Member

Menu ini berisi data transaksi yang berkaitan dengan pembayaran deposit, penarikan deposit dan pendaftaran member. Untuk melihatnya klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Deposit/Member. Tampilan sebagai berikut:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 2 (dua) opsi, yakni Hapus dan Reprint. Hapus berfungsi untuk menghapus data transaksi pembayaran deposit/member, sedangkan Reprint berfungsi untuk mencetak ulang kwitansi pembayaran deposit/member.

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Tutorial Menu Data Transaksi “Klinik Kecantikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.