Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Gigi”

RESEPSIONIS

Menu Resepsionis adalah menu pendaftaran pasien yang akan menjalani perawatan dokter. Setiap transaksi di klinik harus melalui Resepsionis (kecuali penjualan obat langsung).

 

Di dalam menu Resepsionis terdapat 3 (tiga) sub menu, yaitu:

  1. Pendaftaran Pasien,
  2. Kunjungan Baru,
  3. Appointment Pasien.

 

 

 

 


1. Pendaftaran Pasien

Menu Pendaftaran Pasien berfungsi untuk mendaftarkan setiap pengunjung baru yang ingin menjadi pasien di klinik yang bersangkutan. Untuk masuk ke form pendaftaran pasien, maka klik menu Resepsionis > Pendaftaran Pasien. Tampilannya seperti di bawah ini:

 

Terdapat banyak kolom untuk input data pasien baru, tetapi hanya beberapa saja yang wajib diisi (kotak warna merah adalah kolom yang wajib diisi). Anda juga dapat ambil foto/upload foto pasien pada form ini, namun foto pasien disini bukanlah foto untuk perawatan, melainkan foto pelengkap identitas pasien. Bagian lainnya yang juga harus diisi adalah kolom no. telp dan email, yang dapat berguna untuk fitur notifikasi otomatis melalui SMS, email ataupun WhatsApp.

 

 

 

 


2. Kunjungan Baru

Menu Kunjungan Baru adalah bagian paling utama dari proses pelayanan perawatan dan antrian pasien. Klik Resepsionis > Kunjungan Baru.

 

Keterangan:

1. Tombol biru “Pendaftaran Pasien Baru” berfungsi untuk kembali ke menu Pendaftaran Pasien apabila pengunjung belum terdaftar sebagai pasien.
2. Jika pasien sudah terdaftar, maka cukup input minimal 2 (dua) karakter pertama dari nama pasien pada kolom cari pasien.
3. Pilih nama dokter.
4. Klik TAMBAHKAN, maka pasien akan masuk ke daftar antrian perawatan seperti dibawah ini:

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam daftar antrian:

a. Klik opsi Masuk (untuk masuk ke Ruang Perawatan),
b. Klik opsi Foto via Webcam (untuk ambil foto pasien via PC sebelum ke ruang perawatan),
c. Klik opsi Foto via Smartphone (untuk ambil foto pasien via aplikasi Smartphone sebelum ke ruang perawatan),
d. Klik opsi Batal (untuk membatalkan antrian pasien ke ruang perawatan).

 

Pada daftar antrian pasien juga terdapat 4 (empat) kolom yang berbeda, yaitu:

  1. Daftar Antrian Hari Ini : untuk pasien yang melakukan perawatan pada hari ini (termasuk juga dari antrian appoinment) supaya segera masuk ke ruangan.
  2. Jadwal Besok (Non-Paket) : untuk pasien yang akan melakukan perawatan esok hari.
  3. Appointment Pasien (Non-Paket) : untuk pasien perawatan reguler yang sudah memiliki janji perawatan pada 2 (dua) hari berikutnya atau setelahnya.
  4. Appointment Pasien (Khusus Paket) : untuk pasien khusus PAKET yang sudah memiliki janji perawatan berikutnya.

 

 

 

 


3. Appointment Pasien

Menu Appointment Pasien memiliki fungsi untuk mempermudah dalam penjadwalan perawatan pasien.

 

Cara Setting Appointment Pasien :

1. Klik menu Resepsionis > Appointment Pasien.

 

 

2. Pilih nama dokter yang memiliki akan appointment dengan pasien.

 

 

3. Drag dan Drop nama dokter ke dalam kalender (tanggal appointment yang diminta).

 

 

4. Kemudian untuk menentukan nama pasien dan juga waktu appointment (jam mulai hingga selesai), klik pada nama dokter yang telah didrop pada jadwal yang telah ditentukan.

 

 

5. Maka setelah itu akan muncul form Entry Data Appointment. Dimana didalamnya Anda diminta untuk input nama pasien, waktu mulai hingga selesainya appointment tersebut .

Tombol HAPUS berfungsi untuk membatalkan appointment, tombol SIMPAN untuk menyimpan hasil entry data appointment. Sedangkan tombol KE PERAWATAN berfungsi untuk proses memasukkan pasien appointment ke ruang perawatan.

 

Berikut ini tampilan panel appointment apabila telah diisi oleh beberapa jadwal appoinment.

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Menu Resepsionis “Klinik Gigi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.