Tutorial Menu Perawatan “Klinik Gigi”

PERAWATAN

Menu Perawatan adalah menu yang menyediakan pelayanan perawatan sesuai dengan kebutuhan pasien.

 

 

Di dalam menu ini terdapat 2 (dua) sub menu, diantaranya:

  1. Perawatan Baru,
  2. Data Perawatan,
  3. Konsultasi Online.

 

 

 

 

 


1. Perawatan Baru

Menu Perawatan Baru adalah menu yang menampung data antrian pasien sebelum memasuki ruang pemeriksaan/perawatan. Data antrian pasien yang ada pada menu ini berasal dari data antrian kunjungan baru. Klik menu Perawatan > Perawatan Baru.

 

 

Terdapat 4 (empat) opsi yang perlu diperhatikan pada gambar diatas, yaitu:

A. Riwayat : untuk melihat seluruh riwayat perawatan pasien pada kunjungan sebelumnya.
B. Tambah Paket : untuk penambahan paket perawatan bagi pasien yang membutuhkan.
C. Periksa : untuk masuk ke inputan data pemeriksaan pasien (input diagnosa, tindakan perawatan, obat resep, tanggal kunjungan berikutnya dll).
D. Batal : untuk membatalkan proses pemeriksaan (hanya berlaku untuk pasien NON-paket).

 

 

Di dalam form proses pemeriksaan pasien, terdapat 3 (tiga) sub bagian, yaitu Data Pasien, Pemeriksaan & Resep Dokter dan Tindakan Dokter.

 

 

  • Sub Bagian Data Pasien

Keterangan:

A. Input tanggal kunjungan berikutnya bagi pasien,
B. Ceklis jika ingin memberikan notifikasi otomatis kepada pasien tentang kunjungan berikutnya via SMS Gateway,
C. Klik untuk melihat riwayat dan foto pasien sebelum perawatan,
D. Untuk upload foto pasien setelah perawatan,
E. Input alergi obat, masalah kulit dan catatan lainnya.

 

 

 

  • Sub Bagian Pemeriksaan & Resep Dokter

Keterangan:

A. Pilih dokter, jika dokter berbeda dari saat input diawal antrian,
B. Input hasil pemeriksaan,
C. Input obat resep (langsung dari apotek) serta jumlah obat yang dikeluarkan,
D. Input obat resep (langsung dari dokter).

 

 

 

  • Sub Bagian Tindakan Dokter

Keterangan:

A. Input No. Gigi,
B. Input nama tindakan,
C. Jumlah frekuensi tindakan,
D. Nama Perawat (jika ada),
D. Harga tindakan,
E. Nominal diskon,
F. Satuan nilai diskon (Rp / %),
G. Jumlah total bayar.
H. Jangan lupa klik tombol (+) pada sisi kanan tindakan, agar data dapat terproses.

 

 

Berikut penjelasan detail mengenai cara input form data perawatan di menu Perawatan Baru diatas:

a. Cara Pengisian Data Perawatan (NON-Paket)

 

1. Langkah awal klik opsi PERIKSA pada data pasien di menu Perawatan Baru.
2. Di halaman selanjutnya pada Tab Tindakan Dokter, klik kolom No. Gigi untuk menandai gigi mana yang akan diberi tindakan perawatan,
3. Klik tombol buku pada kolom Tindakan untuk input/pilih jenis tindakan apa yang akan dilakukan pada gigi pasien,
4. Input jumlah tindakan yang harus dilakukan,
5. Input nama perawat,
6. Kolom harga akan terisi otomatis begitu Anda memilih jenis tindakan,
7. Klik kolom diskon untuk input nominal diskon,
8. Klik kolom nilai untuk menentukan satuan diskon (bisa Rp / %),
9. Jangan Lupa klik tombol (+) yang ada di sisi kanan supaya item tindakan tersimpan,
10. Ulangi dari langkah poin 2 sampai 9 diatas apabila ada tindakan lain yang ingin ditambahkan (tidak ada batasan dalam penambahan jenis tindakan dalam 1 kunjungan perawatan),
11. Scroll ke bawah jika Anda ingin melihat Odontogram milik pasien. Data odontogram yang ada di menu perawatan baru adalah sesuai dengan Odontogram yang ada pada data pasien. Namun, apabila Anda ingin melakukan edit/ubah pada Odontogram pasien pada saat entry data perawatan, silahkan saja langsung klik tombol Edit Odontogram yang ada di bawah.

12. Setelah semua kolom data perawatan terisi, klik tombol hijau MASUKKAN DATA.

 

Selanjutnya proses berlanjut ke menu Kasir (apabila tidak ada isian obat Resep pada sub bagian resep) atau ke menu Depo/Apotek (apabila ada isian obat Resep pada sub bagian resep).

Catatan: Apabila terjadi kesalahan pengisian (contoh: item tindakan kurang, salah isi  atau data pemeriksaan salah) padahal sudah terlanjur klik Masukkan Data, maka solusinya klik menu Perawatan > Data Perawatan > Proses > Review/Detail Perawatan. Ubah apa yang perlu diubah, lalu klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 

 

 

 

b. Cara Pengisian Data Perawatan (PAKET)

1. Langkah awal klik opsi TAMBAH PAKET pada data pasien di menu Perawatan Baru.

 

 

2. Lalu input minimal 2 (dua) karakter terdepan dari nama Paket Treatment, kemudian akan muncul nama paket yang sesuai.

 

3. Jangan Lupa, klik tombol orange yang ada di sisi kanan nama paket treatment supaya paket dapat terproses.

4. Klik Tambah Paket agar paket dapat tersimpan.

5. Klik tombol biru jika ingin membatalkan paket.

 

6. Selanjutnya kembali ke menu Perawatan Baru, klik opsi PERIKSA PAKET untuk masuk ke form isian data perawatan khusus paket.

 

 

Keterangan :

  1. Status Kunjungan Pasien (Ke-1),
  2. Untuk kolom jadwal kunjungan berikutnya WAJIB diisi. Namun, apabila tidak tahu kapan pasien tersebut akan berkunjungan kembali untuk mengambil paketnya, maka kolom tanggal kunjungan berikutnya akan tetap terisi secara otomatis dengan tanggal satu hari setelah kunjungan ke-1 (esok harinya).

 

 

Keterangan :

  1. Pilih dokter, jika dokter berbeda dari saat input diawal antrian,
  2. Input hasil pemeriksaan,
  3. Input obat resep (langsung dari apotek) serta jumlah obat yang dikeluarkan,
  4. Input obat resep (langsung dari dokter).

 

 

 

Keterangan :

  1. Nama Paket yang diambil,
  2. Ceklis tindakan yang dilakukan pada saat kunjungan tersebut,
  3. Nama tindakan yang ada didalam paket tersebut,
  4. No. Gigi yang diberi tindakan,
  5. Input nama beautician yang melakukan tindakan.

 

 

 

Keterangan :

  1. Jika dalam pengambilan Paket Treatment, dokter menyarankan untuk mengambil tindakan diluar paket, maka klik sub bagian Tambah Tindakan.
  2. Input No. Gigi yang ingin diberi tindakan,
  3. Input nama tindakan yang ingin ditambahkan,
  4. Input nominal diskon (jika ada),
  5. Pilih beautician yang melakukan tindakan,
  6. Jangan Lupa klik tombol (+) agar tindakan dapat terproses,
  7. Klik tombol MASUKKAN DATA untuk menyimpan.

 

 

7.  Scroll ke bawah jika Anda ingin melihat Odontogram milik pasien. Data odontogram yang ada di menu perawatan baru adalah sesuai dengan Odontogram yang ada pada data pasien. Namun, apabila Anda ingin melakukan edit/ubah pada Odontogram pasien pada saat entry data perawatan, silahkan saja langsung klik tombol Edit Odontogram yang ada di bawah.

 

 

Keterangan :

  1. Klik tombol Edit Odontogram (jika memang ada yang ingin diubah),
  2. Pada form edit Odontogram, klik pada No. Gigi yang diberi tindakan, maka akan muncul opsi tindakan Odontogram,
  3. Pilih tindakan Odontogram pasien,
  4. Klik Simpan.

 

Selanjutnya proses berlanjut ke menu Kasir (apabila tidak ada isian Obat Resep pada kolom Resep Dokter) atau  proses berlanjut ke menu Depo/Apotek terlebih dulu sebelum menuju menu kasir (apabila ada isian Resep pada kolom Resep Dokter).

Catatan :

Apabila terjadi kesalahan input data perawatan/perlu melakukan penambahan dan pengeditan di dalam data perawatan, padahal sudah terlanjur klik tombol Proses & Simpan Data, maka solusinya adalah ke menu Perawatan -> Data Perawatan, lalu klik Detail Perawatan/Review. Ubah apa yang perlu diubah, kemudian klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 

 

 

 

 


2. Data Perawatan

Menu Data Perawatan adalah menu berisi data-data pasien yang telah selesai menjalani perawatan/pemeriksaan. Klik menu Perawatan > Data Perawatan.

 

Pada menu ini terdapat 2 (dua) opsi yang perlu diperhatikan, yaitu:

A. Review/Detail Perawatan : berfungsi untuk mengedit kembali data pemeriksaan pasien yang telah menjalani            perawatan, atau mungkin ada treatment lain yang ingin ditambahkan,
B. Cek Bahan : untuk melihat/mengedit bahan habis pakai (kabin) yang digunakan untuk treatment tersebut.

Segala yang ada di dalam menu Data Perawatan dapat diedit dan disimpan jika transaksi belum keluar invoice/kwitansi (selesai di proses pembayaran kasir). Namun, jika transaksi sudah selesai dan keluar invoice/kwitansi, maka edit dan tambah tindakan/bahan TIDAK bisa dilakukan, yang bisa dilakukan HANYA menambah hasil pemeriksaan.

 

 

 

 

 


3. Konsultasi Online

Menu Konsultasi Online ini digunakan untuk menerima konsultasi pasien yang mengirimnya khusus melalui aplikasi Mobile App Android/iOS.

Untuk proses jawab, klik tombol Jawab Konsultasi.

Keterangan :

  1. Foto diambil dari Mobile App oleh pasien,
  2. Pesan konsultasi dari pasien,
  3. Input jawaban konsultasi,
  4. Klik Kirim Jawaban untuk membalas konsultasi pasien.

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Tutorial Menu Perawatan “Klinik Gigi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.