Tutorial Menu Depo/Apotek “Klinik Gigi”

DEPO/APOTEK

Didalam menu ini terdapat 2 (dua) sub menu, yaitu:

  1. Resep Dokter,
  2. Penjualan Langsung.

 

 

 

 


1. Resep Dokter

Resep pada menu ini diperoleh dari hasil pemeriksaan pasien oleh dokter. Ada dua tipe resep, yakni resep langsung dari apotek dan resep langsung dari dokter. Untuk melihat daftar pasien yang memerlukan resep, klik menu Depo/Apotek > Resep Dokter.

 

 

Pada form resep Langsung dari Apotek, data obat resep pasien harus diinput ulang. Setelah selesai klik tombol Masukkan Data untuk pembayaran.

 

 

Sedangkan pada form resep Langsung dari Dokter, data obat resep pasien tidak perlu dikakukan input ulang, cukup pastikan bahwa nama obat resep & jumlahnya benar. Setelah selesai klik tombol Masukkan Data untuk proses pembayaran.

 

 

Catatan: Apabila terjadi kesalahan pengisian resep (item obat kurang atau salah isi) padahal sudah terlanjur klik tombol Masukkan Data, maka solusinya adalah klik menu Data Transaksi > Data Transaksi Penjualan Resep > Proses > Edit Data. Ubah apa yang perlu diubah, lalu klik Update Data. *Proses ini hanya berlaku bila belum terjadi proses pembayaran.

 

 

 

Cara Edit dan Hapus Resep :

1. Apabila obat resep belum ditebus di menu Depo/Apotek, maka edit dan hapus obat resep dapat dilakukan di menu Perawatan > Data Perawatan > Proses > Detail Perawatan.

 

 

2. Apabila obat resep sudah ditebus di menu Depo/Apotek, maka edit dan hapus obat resep hanya dapat dilakukan di menu Data Transaksi > Data Transaksi Penjualan Resep > Proses > Edit Data.

 

 

3. Jika obat resep adalah resep langsung dari dokter (Iter), maka edit dan hapus hanya dapat dilakukan di menu Perawatan > Data Perawatan > Proses > Detail Perawatan meskipun sudah ditebus di menu Depo/Apotek.

 

 

 

 

*) Proses ini hanya berlaku jika belum terjadi proses pembayaran di kasir.

 

 

 

 

 


2. Penjualan Langsung

Penjualan Langsung artinya pasien dapat membeli obat tanpa melalui proses antrian dan perawatan. Untuk melakukannya klik menu Depo/Apotek > Penjualan Langsung.

Keterangan :

  1. Klik kolom Pasien dan cari nama pasien,
  2. Klik kolom Nama Obat dan cari obat,
  3. Jangan Lupa klik tombol (+) yang ada pada sisi kanan agar obat dapat terproses,
  4. Klik tombol Simpan untuk proses ke kasir pembayaran.

Pembayaran penjualan obat langsung tetap dilakukan di kasir, klik menu Kasir Pembayaran > Pembayaran Obat/Produk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.